Top News

JAKARTA, RadarPena.com - Lebaran terasa kurang lengkap tanpa sajian aneka kue di meja makan. Resep membuat Chocolate Chip Cookies tanpa harus menggunakan oven berikut bisa menjadi pilihan untuk menambah kemeriahan hari raya Idul Fitri.

Bahan:

16 sdm tepung terigu

2 sdm tepung maizena

1 sdm susu bubuk

4 sdm cokelat bubuk

50 gr chocolate chip

100 gr gula halus

200 gr margarin

1 butir kuning telur

 

Cara:

1. Campurkan margarin dan telur ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga rata.

2. Tambahkan gula halus ke dalam adonan. Aduk lagi hingga merata.

3. Di mangkuk terpisah, ayak tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan tepung maizena. Aduk rata. Tambahkan chocolate chip dan aduk kembali.

4. Masukkan adonan mentega ke adonan tepung lalu aduk rata hingga membentuk adonan kue.

5. Cetak adonan kue sesuai selera.

6. Panaskan panci pengukus tanpa air dengan suhu api kecil. Oleskan margarin di atas saringannya.

7. Masak adonan kue hingga matang di api kecil selama 20 menit.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Kue kaastengels adalah santapan wajib pada hari raya Idul Fitri. Kue yang terpengaruh dari kuliner Belanda ini bisa dibuat meski Anda tidak memiliki oven. 

Bahan:

200 gr tepung terigu

2 butir kuning telur

2 sdm susu bubuk

5 sdm margarin

2 sdm tepung maizena

1 butir kuning telur untuk olesan

80 gr keju cheddar parut

50 gr keju edam parut

2 sdm gula halus

 

Cara:

1. Campur margarin dan kuning telur ke dalam mangkuk ukuran besar hingga merata.

2. Tambahkan susu bubuk, gula halus, tepung terigu, keju cheddar parut, keju edam parut, dan tepung maizena. Aduk hingga membentuk adonan.

3. Giling adonan dengan menggunakan rolling pin atau botol kaca lalu bentuk adonan kaastengels sesuai selera.

4. Panaskan panci pengukus tanpa air yang sudah diberi saringan lalu oles saringan dengan margarin agar tidak lengket.

5. Oleskan kuning telur ke permukaan adonan yang sudah dicetak lalu taburkan sedikit keju parut di atasnya.

6. Letakkan adonan Kaastengels di atas saringan panci lalu masak kue selama kurang kebih 30 menit dengan api kecil.

7. Angkat lalu dinginkan sejenak. Kaasstengels siap disajikan.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Berbuka puasa dengan menu yang seimbang penting untuk mengembalikan tingkat energi dan membantu mempertahankan puasa Anda di hari berikutnya.

Anda harus mengonsumsi makanan yang tepat untuk mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa tips berbuka puasa seperti dilansir laman Al-Arabiya, Minggu (28/5).

1. Hidrasi sebelum makan

Minumlah banyak cairan seperti air, jus segar atau susu. Hal ini akan mencegah dehidrasi dan menyediakan cairan penting bagi tubuh Anda.

2. Konsumsi kurma

Secara tradisional, kurma dimakan pada awal berbuka. Karena kurma adalah makanan yang mengandung gula alami bergizi, mereka membantu mendukung tubuh Anda dengan energi yang sangat dibutuhkan.

Jika Anda menderita sakit kepala pada saat puasa, kemungkinan besar hal ini disebabkan oleh gula darah Anda menjadi rendah. Mulailah berbuka dengan mengonsumsi dua kurma.

3. Konsumsi semangkuk sup

Sup adalah hidangan yang tak tergantikan di buka puasa. Menu ini kaya akan air dan membantu tubuh Anda terdehidrasi.

Konsumsilah sup miju-miju, sup tomat atau sup sayuran dan hindari sup krim.

4. Konsumsi sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat dan memberi begitu banyak nutrisi.

Semakin merah warna salad Anda, maka semakin banyak manfaat kesehatan yang dimilikinya.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan untuk berbuka puasa harus mengandung sumber karbohidrat. Ini termasuk beras merah, pasta gandum utuh atau roti, kentang atau burghul.

Karbohidrat kompleks memberikan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan di samping serat dan mineral.

6. Memasukkan protein tanpa lemak

Saat berbuka puasa, Anda harus berusaha untuk mengonsumsi protein berkualitas tinggi yang sangat mudah dicerna dan mengandung semua asam amino esensial.

Tubuh Anda menggunakan ini untuk membangun dan mempertahankan massa otot. Daging sapi, susu, yogurt, telur, keju, ikan dan unggas semuanya lengkap dengan protein berkualitas tinggi.

Pilih protein tanpa lemak untuk mendapatkan manfaat dengan sedikit lemak jenuh. Sertakan ikan, ayam tanpa kulit atau kalkun dan susu rendah lemak untuk dikonsumsi sebagai makanan pembuka Anda.

Jika Anda vegetarian, Anda bisa memilih sumber protein lain seperti kacang polong dan kacang-kacangan.

7. Jangan terburu-buru

Jangan terburu-buru untuk menyelesaikan makanan Anda. Setelah berpuasa selama satu hari penuh, kelebihan beban pada makanan bisa menyebabkan gangguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

Mengontrol ukuran porsi Anda adalah kunci untuk tetap sehat dan mencegah penambahan berat badan.

8. Hindari makanan tinggi lemak, garam, dan gula

Bila mungkin, jauhi makanan berat saat berbuka puasa yang mengandung lemak, garam dan gula tambahan yang tidak sehat.

Saat memasak, buat resep Ramadan favorit Anda lebih sehat dengan cara memanggang, mengukus, dan menghindari menggoreng makanan Anda. Tambahkan ramuan dan bumbu bukan garam untuk memberi rasa pada makanan Anda.

Akhirnya, ganti minuman manis dengan gula alami dalam buah-buahan, buah kering dan salad buah.(jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Kurma selalu menjadi primadona selama Bulan Ramadan. Bukan hanya rasanya yang manis, buah berwarna cokelat ini juga dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. 

Makan kurma lebih baik saat berbuka puasa. Diawali dengan minum segelas air putih, kemudian memakan tiga buah kurma. Setelah itu, diikuti dengan makan camilan berupa kolak satu mangkuk sedang. 

Nutrisionis atau Ahli Gizi Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) Triyani Kresnawan menjelaskan, makan kurma saat berbuka puasa bisa memulihkan energi. Setiap 100 gram kurma mengandung 248 kalori dan 74 gram karbohidrat, serta 1,8 gram protein, dan 696 miligram kalium. 

"Konsumsi pada saat buka puasa tergantung besar kecinya kurma, kurang lebih 15 gram kurma atau 3 buah kurma," katanya kepada JawaPos.com, Jumat (26/5). 

Kurma menjadi pelengkap yang sempurna selama berpuasa. Sedangkan untuk pilihan menu yang wajib dimakan, kata Tri, adalah hampir sama dengan hari-hari biasa. "Kalau menu sama saja prinsipnya dengan gizi seimbang. Kurma juga boleh dimakan saat sahur," jelasnya. 

Tri menyarankan, para penderita mag untuk berhati-hati saat memilih makanan berbuka. Apabila penyandang maagh atau nyeri lambung, diminta berbuka dengan menghindari makanan pedas seperti asinan, atau buah-buahan yang asam. 

"Untuk penderita mag hindari makanan pedas dan bumbu-bumbu yang merangsang seperti lada hitam yang berlebihan atau cuka dan cabai yang pedas," papar Tri.(jawapos)

JAYAPURA, RadarPena.com - Papeda bungkus, makanan khas Papua menjadi salah satu menu pilihan yang disiapkan dan disajikan untuk makan malam Presiden Jokowi dan ibu Iriana Widodo yang saat ini melakukan kunjungan kerja di Jayapura.

Pemilik hotel Aston Jayapura, Fredy Tour tempat Presiden Jokowi menginap mengatakan kepada Antara, Selasa (9/5), Presiden dan ibu negara yang akan menempati kamar presiden suite itu tidak memesan menu khusus untuk santap malam.

Selain menyiapkan papeda bungkus dan ikan gabus kuah kuning, juga disiapkan ayam goreng kampung serundeng, kangkung bunga pepaya, seafood kare, ikan bakar colo-colo, tumis baby kailan dan daging sapi kecap.

"Kami tidak menyediakan menu khusus karena tidak ada permintaan atau pemberitahuan dari staf kepresidenan," kata Fredy Tour yang mengaku baru kali ini menerima tamu seorang presiden.

Hotel Aston Jayapura memiliki 108 kamar yang terdiri dari deluxe, primare deluxe, superior, bisnis suite dan presiden suite. Khusus untuk president suite memiliki pemandangan menghadap kota Jayapura dan Teluk Youtefa.(rmol)

 

MADRID, RadarPena.com - Penampilan stan Indonesia di Pameran Internasional Salon de Gourmet ke-31 di Spanyol 24-29 April 2017 berbuah manis. Saat pameran, telah memberikan daya tarik tersendiri melalui penyajian berbagai menu kuliner Indonesia seperti nasi kuning, ayam goreng kremes, rendang, mie dan bihun goreng serta sate ayam bumbu kacang goreng oleh Chef APJI.

Para pengunjung yang mencicipi sajian tersebut menyatakan kekagumannya atas nikmat rasa masakan Indonesia, sekaligus menyayangkan tidak adanya restoran Indonesia di Madrid.

Nah, dalam rangka merespons permintaan pasar tersebut, di sela-sela acara pameran tersebut, Kepala Bidang Luar Negeri APJI, Reny Feby telah melakukan pertemuan dengan Isadora Tan (Diaspora Indonesia di Madrid). Pertemuan untuk menjajaki peluang dalam membuka restoran Indonesia di Madrid.

Selain itu, APJI juga melaksanakan negosiasi dengan perusahaan Kunandia SL dalam rangka pembukaan restoran Indonesia di Las Palmas. Seperti diketahui, Las Palmas merupakan salah satu destinasi turis utama di Spanyol, di mana pada tahun 2016, tercatat sebagai daerah di Spanyol yang menerima kunjungan turis terbanyak.

Tak hanya kesempatan membuka restoran Indonesia di Spanyol, nilai transaksi pada pameran ini memberikan capaian yang sangat besar bagi perusahaan makanan kemasan dan minuman Indonesia yang bernilai USD 201.000.

Perusahaan-perusahaann Indonesia telah menampilkan produk makanan kemasan dan kopi serta produk maskan kuliner yang diharapkan dapat menembus pasar internasional khususnya Spanyol.

Partisipasi Indonesia diikuti oleh Atase Perdagangan KBRI Madrid, ITPC Barcelona dan 2 perusahaan asal Indonesia yakni PT. Tiga Pilar Sejahtera Foods, Javaro Coffee dan APJI (Asosiasi Perusahaan Jasaboga Indonesia) dengan menempati area 30 m2 pada Hall 8 Paviliun G37.

Pameran Gourmet yang pertama kali diikuti Indonesia ini merupakan platform yang efisien bagi perusahaan-perusahaan Indonesia untuk memasuki gerbang baru bagi produk-produk kuliner Indonesia dan memperluas jalinan dan networking kontak bisnis dengan perusahaan-perusahaan dari Spanyol dan 30 negara.

Di antaranya Argentina, Belgia, Belanda, Hungaria, Italia, Inggris, Jepang, Jerman, Kolombia Latvia, Meksiko, Swedia, Serbia, Swiss, Perancis, Portugal, Peru, dan Kanada. Kanada telah menjadi negara guest of honor.

Salon Gourmet ke-31 yang memiliki 5 Hall telah menghadirkan 1.500 peserta pameran, 37.500 produk dan 1.200 produk baru dan menghadirkan 85.000 pengunjung dari berbagai dunia. Diperkirakan ekspetasi transaksi (ransaksi (direct and indirect) senilai € 200 Juta.

"Karenanya, tujuan ujuan utama keikutsertaan Indonesia adalah untuk menerobos pasar di bidang makanan dan minuman serta kuliner di wilayah Spanyol dan Eropa lainnya serta Medeterania, Amerika latin dan Afrika. Selain memperkenalkan produk makanan kemasan dan kuliner Indonesia yang siap menyaingi produk-produk Internasional lainnya, Indonesia juga memperkenalkan potensi industri makanan dan minuman Indonesia yang telah memenuhi standar internasional," tegas Dubes RI untuk Spanyol Yuli Mumpuni Widarso, Sabtu (6/5).

Dalam pernyataannya menyambut keikutsertan Indonesia yang dihadiri Ketua Umum APJI, Ibu Ayu Muliadi, Duta Besar Yuli Mumpuni Widarso mengapresiasi dan mendukung keikutsertaan Indonesia khususnya perusahaan-perusahaan Indonesia.

Mengingat pentingnya pameran yang berbobot internasional yang menawarkan banyak peluang dan potensi bagi pemasaran produk makanan dan minuman Indonesia serta mendorong produk-produk makanan dan minuman Indonesia masuk ke pasar-pasar Eropa sehingga dapat meningkatan produk ekspor Indonesia ke Spanyol.

Pameran yang diikuti oleh perusahaan produk makanan dan minuman dari berbagai negara telah diresmikan oleh H.E. Sra. Isabel Garcia Tejerina, Menteri Pertanian dan Perikanan Spanyol.

Pada pembukaan acara Menteri Isabel telah melakukan kunjungan ke stand-stand pada 4 paviliun dan menemukan makanan dan minuman yang lebih mencermikan sektor makanan Spanyol yang memiliki variasi, style dan kualitas internasional, seperti produk makanan olahan dan makanan kemasan, makanan laut, daging, produk unggas, produk susu, bahan tambahan makanan dan bahan-bahan peralatan roti, kembang gula, anggur, minuman keras, kopi teh dan lain-lain.

Menpar Arief Yahya dua tahun lalu pernah bertemu Menteri Isabel di Madrid. Salah satu yang dibicarakan adalah industri perhotelan, sekolah pariwisata dan heritage building. "Spanyol adalah negara dengan jumlah wisman besar di Eropa, kita perlu belajar dari mereka," kata Menpar Arief.(jpnn)

SUMEDANG, RadarPena.com - Ketua MPR Zulkifli Hasan mengunjungi sentra pembuatan tahu sumedang di sela-sela kunjungan kerjanya ke wilayah Jawa Barat, Senin (24/4). Zulkifli mendatangi pabrik tahu Sari Bumi di Sumedang, Jawa Barat.

Menurut Zulkifli, tahu sumedang merupakan contoh usaha rakyat yang tetap eksis. Karenanya, perlu ada dukungan penuh terhadap usaha tersebut.

"Agar tahu sumedang bukan hanya bertahan, tapi juga bisa mendunia," kata Zulkifli. 

Ketua umum PAN itu mengatakan, kedatangannya ke sentra pembuatan tahu di Sumedang merupakan bentuk dukungan pada usaha kecil dan menengah (UKM).  Zulkifli menegaskan, UKM mesti diprioritaskan untuk memperoleh modal dan pelatihan sumber daya mmanusia.

Dengan begitu, pengusaha baru bisa tumbuh lebih banyak, sehingga ekonomi rakyat bangkit. 

Sementara Mang Arya selaku generasi ketiga pemilik pabrik tahu sumedang Sari Bumi berharap ke Zulkifli agar MPR bisa memberikan perlindungan pada usaha rakyat. "Dukungan Pak Zul selaku Ketua MPR sangat berarti bagi usaha kecil seperti kami," ujar Mang Arya. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Tidak semua bahan makanan kadaluarsa dalam waktu yang cepat. Ada beberapa yang mampu bertahan disimpan selama berbulan-bulan, bahkan tahun.

Makanan apa saja yang dimaksud? Berikut lima makanan yang tetap awet walau disimpan setahun.

1. Kecap

Kecap berasal dari kedelai yang diawetkan oleh garam. Kecap akan tetap segar selama satu tahun asalkan botolnya ditutup rapat.

Menurut penulis makanan terkenal Keri Gans, kecap dapat digunakan hingga tiga tahun setelah botol dibuka.

2. Gula

Tahukah Anda bahwa gula yang disimpan dalam wadah kedap udara dan tahan kelembapan dapat bertahan selamanya? Gula memang bisa menunjukkan tanda-tanda perubahan menuju basi, tapi pemanis makanan itu tetap bisa bertahan hingga batas waktu yang tak dapat ditentukan.

3. Madu

Secara teknis madu tak akan kadaluwarsa. Sebab, madu mengandung mikroba alami yang tak akan membusuk.

Akan tetapi madu acap kali mengeras akibat kandungan gula di dalamnya. Meski begitu, jangan panik, madu masih dapat digunakan jika dilarutkan dulu menggunakan air hangat.

4. Beras putih

Beras putih yang dikemas dalam kemasan kedap udara dapat disimpan lebih lama dibanding yang tidak sama sekali. Meskipun jenis pangan karbohidrat mudah basi dalam hitungan bulan, asalkan Anda menyimpannya dalam keadaan baik dan benar, beras akan bertahan lebih lama.

5. Cuka

Cuka biasanya digunakan sebagai pengawet. Karena itu, tak heran jika cuka tidak memiliki batas waktu penyimpanan. Hal ini diperkuat oleh The Vinegar Institute yang mengatakan bahwa cuka tidak akan basi sebab sifat asam yang dimilikinya.

JAKARTA, RadarPena.com - Produk kopi asal Indonesia mendapat respon positif pada ajang Melbourne International Coffee Expo (MICE) 2017 di Melbourne, seperti disampaikan dalam keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri yang diterima di Jakarta, Rabu (5/4). 

Stand produk kopi asal Indonesia dipadati pelaku bisnis kopi Australia yang ingin mengenal lebih jauh cita rasa kopi Indonesia. Ada enam Perusahaan Indonesia yang turut serta dalam kegiatan MICE 2017, yakni The Q Coffee, Opal Coffee, Sumatera Coffee House, Mandhaeling Coffee, PT Bustabica Bumi Pasemah dan Harrysons Coffee Roaster.

Selama tiga hari pelaksanaan MICE, sesi "cupping" di Stand Kopi Indonesia, selalu ramai dikunjungi pembeli. Setidaknya nilai potensi transaksi yang dihasilkan peserta pameran dari Indonesia selama MICE 2017 mencapai sekitar satu juta dolar Australia.

Bersamaan dengan kegiatan MICE 2017, juga diselenggarakan kompetisi dalam kerangka the 2017 Australian International Coffee Awards (AICA) untuk sejumlah kategori, di mana peserta dari Indonesia, the Q Coffee, berhasil medapatkan medali emas untuk kategori "Cappucino-Milk Blend" dan medali perunggu untuk kategori "Espresso single origin". 

Selain itu, untuk kompetisi barista, peserta dari Tanamera berhasil mendapatkan penghargaan medali perak. Keberhasilan Indonesia dalam mempromosikan produk kopinya di ajang MICE 2017 merupakan hasil kerja sama yang baik antara pelaku usaha dan pemerintah, khususnya KJRI Melbourne dan Kantor Atase Perdagangan Indonesia di Australia sehingga produk kopi Indonesia dapat dipromosikan di ajang pameran kopi bergengsi di Australia.

Dalam upaya menyusun strategi pengembangan "branding" dan nilai tambah produk kopi Indonesia, tim dari Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang dipimpin oleh Wakil Kepala Bekraf, Ricky Pesik, juga mengunjungi MICE 2017 dan melakukan pertemuan dengan sejumlah pelaku usaha kopi di Melbourne.

Selain itu, tim Bekraf juga bertemu dengan Konjen RI Melborune untuk membahas berbagai langkah dan upaya untuk lebih mendorong pelaku usaha Indonesia agar mampu bersaing di pasar Australia, khususnya untuk produk kopi yang mempunyai pasar potensial di Melbourne. (rmol)