Macron Ingin Prancis Bergerak Seperti Startup

Typography

PARIS, RadarPena.com - Presiden Prancis Emmanuel Macron berharap Prancis mengalami revolusi digital sehingga mereka menjadi negara yang "berpikir dan bergerak seperti startup". Macron, saat konferensi Viva Technology di Paris, kembali mengulangi ia ingin mereformasi undang-undang perburuhan untuk memberikan kekuatan pengambilanl keputusan bagi perusahaan dan pajak perusahaan yang lebih rendah. Negara harus bertindak sebagai pendukung, bukan penghalang, bagi para inovator dan enterpreneur, ujarnya, Jumat (16/6).

Macron ingin membatasi pajak kekayaan yaitu sebatas untuk properti yang membantu bisnis, dan ingin memungut retribusi 30 persen dari pendapatan modal. "Di mana pun, laki-laki dan perempuan, ingin berinovasi. Prancis di tengah-tengah menjadi negara startup," jelasnya.

Startup Prancis menjadi daya tarik, terdapat ekspektasi pendanaan dari perusahaan modal serta pemerintahan ramah bisnis di era Macron.

Macron, yang saat kampanye menjanjikan investasi 10 miliar euro untuk inovasi, mengatakan Prancis hanya perlu menjalankan revolusi teknologi untuk mentransformasi masyarakat di berbaai sektor bisnis. "Kami akan membuat transformasi ini secepatnya," ujar Macron. "Jangan kamu menunggu karena pesaing kalian tidak menunggu," pungkasnya.(rmol)