Top Stories

JAKARTA, RadarPena.com - Laudya Cynthia Bella banjir pujian dari netizen.

 

Personel BBB ini kembali menunjukkan kedekatan dirinya dengan putri Engku Emran, Aleesya.

 

Dalam foto tersebut, terlihat Aleesya tidur dalam dekapan Bella.

 

Foto ini pun langsung mengundang reaksi dari netizen.

 

Banyak di antara netizen kagum dengan Bella yang bisa langsung akrab dengan putri sambungnya itu.

 

“Ya ampun keibuan bgt Teh Bella, suka liatnya,” kata akun anti_jamahliar.

 

“Hebat ya bisa lgsg sedekat itu. Susah lho pendekatan dg anak yg udah paham akan situasi sekitarnya,” ujar akun loveitmuch123.

 

 

“Hatinya bersih, jadi anak kecilpun langsung nyaman sama bunda barunya,” sambung akun simalikay.(zul/pojoksatu)

JAKARTA, RadarPena.com - Hubungan Ivan Gunawan dan Ayu Ting Ting kembali menjadi perbincangan.

 

Hal ini terkait dengan postingan Ivan lewat akun Instagram miliknya belum lama ini.

 

Di mana Ivan memposting foto bersama janda asal Depok itu. Kali ini bukan foto yang menjadi sorotan melainkan keterangan yang dituliskan pria berbadan tambun itu.

 

"Mulai hari ini kamu panggil aku 'Mas' deal," tulisnya.

 

Postingan tersebut langsung ditanggapi positif sejumlah netizen. Tak sedikit yang berharap keduanya berpacaran sampai ke pelaminan.

 

“Moga2 jadiann yahh ka,” kata hana_lutvi. “Ywdahhh mndingan cpet nikah biar gak bnyak gosip sma ini sma itu,” ujar amay.we33.

 

“Aduh seneng liat kalian berdua, smoga cepat d halalin y mas,” ucap akun tien_ku.

 

Namun begitu, ada juga yang menanggapi sinis. Mereka menilai, postingan tersebut sengaja diunggah untuk menaikkan rating acara yang dipandu keduanya.

 

“Igun ikutan gimmick gimmick biar rame,” sambung akun melindajonesty.

 

 

“Mau aja si Ivan di ajak gimmick biar rating acara bagus trus dianya tambah hits tiap hari di gosipin media trus artis jaman sekarang,” papar akun yanti_dk.(zul/pojoksatu/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Hari bahagia Vicky Shu dan Ade Imam tinggal menghitung jam.

 

Tepat sehari sebelum pernikahannya, Jumat (22/9) kemarin Vicky menggelar acara siraman.

 

Dari foto dan video yang tersebar di media sosial, pelantun lagu Mari Bercinta 2 ini terlihat cantik dalam balutan kain biru dilengkapi kebaya putih.

 

Sebelum melalui prosesi siraman, Vicky terlihat menjalani sejumlah prosesi adat.

 

Selama menjalani prosesi tersebut, raut wajah bahagia terpancar dari wajahnya.

 

“Prosesi siraman mbak pikishu sore ini. Mbak ngapak ayu tenan… Semoga lancar acaranya ya mbak,” tulis akun lambe_lamis.

 

Postingan ini lantas ikut dikomentari oleh beragam netizen. Mereka mendoakan agar acara pernikahan Vicky berjalan lancar.

 

 

Hari ini, Vicky dan Ade bakal menikah di Borobudur.(zul/pojoksatu)

JAKARTA, RadarPena.com - Ki Kusumo tertantang untuk membuat film G 30 S/PKI versi milenial yang idenya dilontarkan Presiden Joko Widodo. Dia menyatakan berminat membuat film tersebut. 

Menurutnya, hal itu sebagai bentuk tanggung jawab sebagai warga negara Indonesia.

"Sejarah G30 S/PKI selama ini menjadi perdebatan. Saya yang berada di lingkungan perfilman tergerak untuk ikut membantu meluruskan sejarah bangsa ini agar ke depannya penerus bangsa ini tahu sejarah," kata Ki Kusumo, Kamis (21/9).

Siapa aktor dan artis yang dilibatkan dalam film ini, Ki Kusumo yakin tidak mengalami kesulitan.

"Banyak kok artis-artis kita yang memiliki darah pejuang. Buyutnya merupakan pejuang kemerdekaan, masa mereka menolak terlibat di film ini," tuturnya.

Bahkan, Ki Kusumo berniat untuk melibatkan keluarga pahlawan revolusi di film ini. "Saya akan bicarakan dulu dengan mereka. Minimal, mereka men-support film ini," harap Ki Kusumo.

Menurut produser yang juga paranormal ini, untuk membuat film sejarah tidak mudah. Apalagi peristiwa G30 S/PKI terkesan sangat kental dengan perebutan kekuasaan zaman itu.

Dia hanya memastikan, film yang akan dibuatnya nanti tidak menyudutkan pihak manapun. "Saya hanya ingin menampilkan sejarah bangsa ini sebagaimana mestinya. Dan film ini diharapkan jadi pegangan kita dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara," tegasnya. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Tidak ada waktu terlalu lama bagi Selena Gomez untuk beristirahat. Sesaat setelah mengejutkan fans dengan kabar transplantasinya di Instagram pada Kamis (16/9), dia masih berada di New York. Selesai dengan Fashion Week dan promo Coach, pelantun Fetish itu langsung melakoni syuting untuk film Woody Allen kemarin.

 

Dibanding pasien lupus lainnya, aktris kelahiran 22 Juli 1992 itu terbilang beruntung. Gomez tidak perlu menunggu waktu lama mengantre di list transplantasi. Pascagagal ginjal pada Mei 2017, dia langsung masuk daftar. Gomez mendapatkan donor dari sahabatnya, Francia Raisa. Donor dari aktris berusia 29 tahun itu jelas sangat bermakna buat Gomez.

 

Banyak dibicarakan sebagai sahabat yang luar biasa, Raisa pun angkat bicara. ”Saya bersyukur sekali kepada Tuhan yang percaya bahwa saya bisa menyelamatkan sebuah nyawa, juga mengubah saya menjadi lebih baik,” tulis Raisa di Instagram.

 

Meski mengejutkan fans, orang-orang terdekat keduanya menyatakan tidak kaget dengan keputusan itu. Sebab, keduanya sudah seperti kakak-adik. ”Francia dan Selena adalah saudara. Dia adalah satu di antara sekelompok cewek yang sangat akrab dengan Selena,” papar seorang sumber sebagaimana dikutip Us Weekly.

 

Menurut dia, dua sahabat tersebut saling kenal setelah mengunjungi sebuah rumah sakit anak pada 2008. Saat itu mereka mengikuti event kunjungan dan donasi bersama ABC dan Disney. ”Kami ada di grup yang sama dan kami saling cocok,” terang Raisa sebagaimana dikutip Latina pada 2013.

 

Sejak saat itu, keduanya pun akrab. Raisa juga selalu ada di sisi Gomez, terutama ketika dia putus dari Justin Bieber. ”Selena sangat perhatian dan penuh cinta. Saya tidak tahu asal dia dari mana,” canda Raisa saat itu.

 

Buat aktris Bring It On tersebut, Gomez sudah seperti adiknya sendiri. Saat nama Gomez masuk di list yang membutuhkan ginjal, Raisa langsung mengajukan diri. ”Selena tidak meminta, tapi justru Francia yang mengajukan diri. Mudah buatnya untuk berdonor. Sebab, dia menjalani gaya hidup yang sangat sehat,” ucap sumber lain sebagaimana dikutip People.

 

Prosedur yang dilakukan di Cedars Sinai Hospital, Los Angeles, pada Juni lalu berjalan cepat dan benar-benar terjaga kerahasiannya. Sama seperti Gomez, pemulihan Raisa terbilang cepat. Dia mengunggah fotonya saat sedang beryoga di Instagram pada Agustus lalu, sekitar dua bulan setelah tindakan operasi.

 

Aktris kelahiran 26 Juli 1988 itu bahkan aktif syuting sejak pekan lalu. Raisa bakal berakting di serial TV Grown-ish, sekuel dari Black-ish yang juga dia bintangi. (*)

 

 

(fam/c25/ayi)

MALAYSIA, RadarPena.com - Setelah resmi menjadi istri Engku Emran, artis peran Laudya Cynthia Bella memang memilih tinggal di Malaysia.

 

Hingga kini belum ada kabar kapan mantan kekasih Chicco Jerikho itu kembali ke Indonesia.

 

Selama berada di negeri Jiran, wanita karib disapa Bella itu tak henti-hentinya membagikan kebahagiaan telah dinikahi pengusaha asal Malaysia.

 

Dia kerap mengunggah kebersamaan bersama sang suami dan putri sambungnya, Engku Aleesya.

 

Sejak mengenal beberapa bulan lalu, Bella dan Aleesya memang sudah terlihat sangat lengket.

 

Usai menjadi ibu sambungnya, sudah dua kali bintang film Surga Yang Tak Dirindukan itu menjemput Aleesya dari sekolah.

 

Kebersamaan Bella dan Aleesya ternyata mendapat perhatian dari warganet. Sebabnya, ibu kandung Aleesya. Erra Fazira juga ikut-ikutan mengunggah foto saat menjemput putrinya itu di sekolah.

 

Sayangnya, apa yang dilakukan Erra Fazira itu malah menuai spekulasi negatif dari warganet. Ada yang mengira kalau Erra cemburu melihat putrinya mulai lengket dengan Laudya Cynthia Bella.

 

"Mom erra, ngk usah cemburu karena ada wanita lain dihati anak, gimanapun kamu tetap wanita terbaik dihatinya... teruslah berjaya," ujar akun nurikai.

 

"Kayaknya dia mau nunjukin kalo anaknya lebih bahagia ma dia," sahut adindasaridevi.

 

Penyanyi yang mengaku memiliki darah Bengkulu itu tampaknya tidak ingin ambil pusing dengan gosip tersebut.

 

Dia tetap terlihat memamerkan kebahagiaannya dengan sang putri tercinta.

 

 

"LETS RISE TOGETHER BY LIFTING OTHERS!! Assalammualaikum n Good morning.. salam sayang from both of us.. Have a beautiful day..." tulis mantan istri Engku Emran itu di Instagram pribadinya.(mg7/jpnn)

DENPASAR, RadarPena.com - Sheila On 7 tak pernah hilang di mata pencintanya. Tak heran bila karya band yang terbentuk sejak 1996 silam ini masih digandrungi banyak orang. 

Bahkan saat tampil di panggung Soundrenaline, band asal Yogyakarta yang beranggota Duta, Brian, Eross, dan Adam  mampu menghipnotis ribuan penonton yang hadir.

“Tampil di Bali serasa tampil di rumah sendiri. Saya merasa istimewa,” kata Duta. Sheila On 7 pantas berkata demikian. Pasalnya, sambutan Sheila Gank begitu luar biasa. Mereka menyanyi hingga akhir mengiringi setiap lagu yang dibawakan Duta dkk. Terbukti, penonton Soundrenaline banyak yang memilih menonton Sheila On 7 daripada NTRL, misalnya, yang tampil hampir bersamaan.

Mereka rupanya terkenang dengan lagu-lagu puitis karya Eros. Lantas, kapan lagi merilis album baru? Menurut Duta, untuk sementara mereka baru berencana merilis single. Untuk album, belum. “Kalau tidak salah, antara bulan November atau Desember, kami berencana merilis single. Doaian bisa segera kelar ya,” paparnya.

Sheila On 7 sendiri bukan kali ini saja tampil di Soundrenaline yang digelar di GWK. Di Soundrenaline 2016 lalu, SO7 juga tampil dengan menciptakan keseruan yang sama. Namun bedanya, tahun lalu, SO7 tampil di panggung utama.(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Setelah sukses di edisi pertama, Slank kembali gelar tur ke pesantren-pesantren 13 hingga 17 September 2017. Pada edisi perdana tur mengunjungi 57 pesantren, kali tur yang bertajuk Merajut Kebangsaan itu bakal singgah ke empat kota, yakni Ciamis, Brebes, Batang, dan Mojokerto. 

Personel Slank, Bimbim mengungkapkan pihaknya senang bisa menggelar tur pesantren lagi. Menurutnya kegiatan ini banyak manfaat. Baik bagi santri, maupun untuk Kaka, Ridho, Ivan, Bimbim, serta Abde.

"Senang bisa lagi gelar tur pesantren. Kami ingin berbagi pesan kebangsaan, mau berbagi ilmu. Menghibur, sekaligus silaturahmi," kata Bimbim Slank saat jumpa pers di Potlot, Jakarta Selatan, Selasa (5/8).

Empat pesantren yang dikunjungi nanti yakni Pesantren Darussalam di Cujenjing Ciamis, Pesantren Al Hikmah 2 di Sirampog Brebesa, Pesantren Darussalam di Subah Batang, dan Pesantren Amanatul Ummah di Pacet Mojokerto. Di sana Slank tidak hanya menghibur lewat penampilan. Para personel nantinya juga menyampaikan pesan persatuan dan kebangsaan.

"Menyelam sambil minum air, menghibur sekaligus belajar juga.

Kami juga ingin bawa suasana relax. Karena adek-adek butuh hiburan juga, senyum mereka happy banget," ucap Kaka.

"Anak pesantren juga Slankers," sambung Bimbim.

Tur Merajut Kebangsaan yang didudukung Asia Pulp & Paper Sinar Mas berisikan pula kegiatan wakaf Quran, Juz Amma, pembagian buku, dan budayawan Zastrouw Al Ngatawi.

"Tur pesantren ini agar dapat menjadi kekuatan, keberagamam harus senantiasa dirawat dengan silaturrahmi," tutup Managing Director Sinar Mas, Salah Husin.(jawapos)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Meski sang vokalis, Luks tengah vakum, tapi grup band Superglad tetap eksis. Buktinya band rock asal Jakarta itu meluncurkan single berjudul Dua, Senin (21/8).

Dua merupakan materi dari album Terangkan Dunia yang dilepas Superglad beberapa waktu lalu. Dalam lagu ini, Superglad masih mengusung musik rock dengan lirik cinta.

Sementara itu, album ketujuh yang diberi judul Terangkan Dunia dirilis Superglad bersama dengan demajors Records. Grup yang diisi Luks, Giox, Dadi, dan Frid Akbar itu mempersembahkan album ini khusus untuk HERO (Fans Superglad) juga untuk semua penikmat musik di Indonesia secara umum.

Terdapat banyak perubahan dalam album Terangkan Dunia. Di album ini, Superglad mengajak beberapa musisi untuk menjadi produser.

Ada enam musisi yang di ajak bertukar ide di album Terangkan Dunia. Masing-masing memproduseri satu lagu di album ini. Mereka adalah Iga Massardi pada lagu Hi!, Kin Aulia untuk lagu Raya, Ricky Siahaan memegang kendali di Bersiap Untuk Perang, Yai Item mengerjakan lagu Dua dan lainnya.

Total ada 13 lagu yang di persembahkan pada album tersebut. "Besar harapan Superglad, sesuai dengan judul album Terangkan Dunia semoga album ini bisa menerangkan dunia musik Indonesia, dan tentunya bisa diterima oleh HERO dan semua pecinta musik Indonesia," kata pihak Superglad beberapa waktu lalu. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Band rock Kotak mempersembahkan hadiah spesial menyambut momen Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-72. Hadiah spesial yang dimaksud yakni sebuah single baru berjudul Merah Putihku.

Grup yang diisi Tantri, Chua, dan Cella itu menjelaskan bahwa lagu anyar ini bertemakan tentang nasionalisme. Merah Putihku dilepas jelang Hari Kemerdekaan juga sebagai ajakan buat para pendengar khususnya, Kerabat Kotak untuk lebih mencintai Indonesia.

Proses pembuatan lagu tersebut berawal dari jamming session yang dilakukan oleh Kotak dan Pay pada saat mereka melakukan workshop di Bali. Kemudian Cella Kotak mengemasnya dengan lirik dan sentuhan glam rock era 90an.

"Karena musik era saat itu bernuansakan spirit, semangat, gagah cocok dengan tema lirik yang saya bikin, dan ingin mengembalikan nuansa glam rock," kata Cella Kotak kepada JawaPos.com, Jumat (11/8).

 

Lewat lagu Merah Putihku, Kotak ingin mengajak para pemuda dan pemudi untuk sama-sama berjuang bersama mengharumkan nama bangsa. Tentunya dengan karya yang mereka punyai atau sesuatu yang dapat mereka persembahkan untuk negara ini. (ded/JPC)

LOS ANGELES, RadarPena.com - Konser Britney Spears bertajuk Piece Of Me Show yang digelar di Planet Hollywood, Las Vegas pada Rabu (9/8) malam diwarnai insiden mengerikan.

Seorang pria bersenjata api nekat naik ke panggung saat Britney melantunkan lagu You Drive Me Crazy. Pria yang belakangan diketahui bernama Jesse Web itu diduga membawa senjata api hingga pengawal Britney melumpuhkannya.

Dari rekaman video seorang penggemar, awalnya Britney tak menyadari kehadiran pria tersebut di atas panggung. Saat itu dia sedang asyik berinteraksi dengan penggemarnya.

Dia baru menyadari ada penyusup saat pengawal dan beberapa penari latar mengamankan pria tersebut.

Video itu pun menjadi viral dan sempat diunggah akun gosip Instagram lambe_lamis. Tampak pada video itu, Britney terlihat sempat ketakutan.

“Meskipun konser tetap dilanjutkan kembali setelah insiden ini, namun menurut sebuah sumber, Britney sempat ketakutan. Untung saja para bodyguard dan penari laki laki yang ada dipanggung segera mengelilingi Britney dan membawanya masuk ke belakang panggung,” tulis lambe_lamis sebagai keterangan.

Dalam video tersebut, terdengar Britney menanyakan apa yang sedang terjadi. Bahkan dia juga bertanya apakah pria tersebut membawa senjata api. “Is everything okay? What's going on. He's got a gun?.”

Hingga berita ini diturunkan belum ada pernyataan resmi dari pihak Britney Spears terkait insiden mengerikan itu.(jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Pedangdut Ayu Ting Ting merilis album terbaru berjudul Kamu Kamu Kamu , Rabu (9/8) di KFC Kemang, Jakarta.

Usai menyanyikan lagu Kamu Kamu Kamu saat merilis album baru, Ayu pun diberi bunga oleh ayahnya, Abdul Rozak.

"Itu tadi spontanitas aja beri bunga," kata Rozak di KFC Kemang.

Rozak merasa bersyukur atas launching album anaknya.

"Pastinya ayah bersyukur kepada Allah SWT karena hari ini Ayu keluarkan single dan album terbarunya," tuturnya.

Rozak berharap, masyarakat bisa menyukai album baru Ayu.

"Mudah-mudahan ke depannya tambah sukses lagi dan banyak yang menyukai lagu Ayu," ucapnya.

Hal senada disampaikan Ayu, janda satu anak itu berharap, album Kamu Kamu Kamu bisa disukai oleh masyarakat.

"Semoga bisa booming juga seperti album sebelumnya," ‎harap Ayu. (jpnn)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Usulan Presiden Joko Widodo untuk membuat ulang Film G30S/PKI mendapat tanggapan Marcella Zalianty.

Aktris 37 tahun tersebut menilai wacana itu sah-sah saja dilakukan asalkan semua menyikapinya dengan dewasa.

"Kita semua harus dewasa dan bijaksana melihatnya kalau memang itu mau dibuat kembali. Kalau pun diperbaharui ya tidak ada salahnya. Kan orang membuat remake film apapun sah-sah saja, tapi berdasarkan latar belakang dan riset yang mendalam. Untuk bikin versi baru why not?" kata Marcella Zalianty di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat, Selasa (19/9).

Pemain film Brownies ini menambahkan, pembuatan ulang film G30S PKI nantinya harus dilakukan dengan riset mendalam. Sebab film tersebut erat kaitannya dengan sejarah dan juga rawan kontroversi. Menurutnya, sineas yang mengerjakan ulang film G30S PKI harus hati-hati dan sesuai fakta.

"Versi apa pun menurut saya bisa saja dibuat, apabila filmmaker itu diberikan kebebasan untuk menginterpretasi. Tapi dengan catatan harus mempelajari kembali buku-buku dan riset yang mendalam tentang peristiwa tersebut," ucap Marcella.

"Jadi enggak asal bikin, karena ini ada kaitan sejarah. Enggak bisa asal bikin semaunya hanya untuk kepentingan komersial. Harus melalui riset mendalam, baik dari pelaku-pelakunya atau dari buku-buku," imbuhnya.

Seperti diketahui, ide pembuatan ulang film G30S PKI sebelumnya datang dari Presiden Joko Widodo. Orang nomor satu di Indonesia berharap film sejarah tersebut bisa menyasar generasi milenial lewat versi baru.

"Akan lebih baik kalau ada versi yang paling baru, agar lebih kekinian, bisa masuk ke generasi-generasi milenial,” kata Presiden Jokowi di Kecamatan Dukun, Magelang, Jawa Tengah, Senin (18/9).(jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com - Penanyangan film Pengabdi Setan tinggal menghitung hari. Rencananya remake horor klasik Indonesia ini akan tayang perdana pada 28 September, dua hari sebelum peringatan peristiwa berdarah G 30 S PKI.

Untuk membuat masyarakat penasaran, sutradara Joko Anwar mengunggah teaser video film Pengabdi Setan di akun Instagram miliknya. Video tersebut menampilkan sejumlah momen ketegangan dalam film.

Mulai dari aksi Tara Basro sebagai pemain utama yang terlihat menjalani adegan menakutkan di dalam sebuah rumah.

Serta beberapa scene mencekam di salah satu sumur dan penampakan makhluk aneh memakai pakaian serta payung hitam.

"Selamat malam. 10 hari lagi...," tulis Joko Anwar, Senin (18/9).

Seperti diketahui, Pengabdi Setan merupakan film produksi ulang dari film horor berjudul sama yang dibuat Rapi Films pada 1980 silam.

Selain Tara Basro, film arahan Joko Anwar itu melibatkan pemain lain seperti Bront Palarae, Egi Fedly, Ayu Laksmi, Fachri Albar, dan Asmara Abigail. Film ini tayang mulai 28 September 2017 di bioskop tanah air. (jpnn)

CALIFORNIA, RadarPena.com - Warner Bros memastikan Patty Jenkins menggarap Wonder Woman 2, Selasa (12/9). Untuk garapan film ini, Jenkins mendapat bayaran yang menggiurkan, yaitu sekitar Rp 118,8 miliar.

Pada sekuel tersebut, Jenkins berperan sebagai sutradara, penulis, sekaligus produser.

Meski nilai kontraknya belum diumumkan, dia sudah dipastikan sebagai sutradara perempuan berbayaran tertinggi.

”Perkiraannya USD 7 juta sampai 9 juta (Rp 92,4 miliar–118,8 miliar, Red). Belum termasuk tambahan dari penghasilan box office yang masuk di klausul kontrak,” ungkap seorang sumber sebagaimana dikutip Variety.

Angka itu jauh lebih tinggi daripada kontrak untuk film pertama Wonder Woman yang hanya bernilai USD 1 juta (Rp 13,2 miliar).

Untuk mencapai kesepakatan itu, rumah produksi film adaptasi DC Comics tersebut harus menempuh jalan panjang. Proses negosiasi berlangsung alot.

Berbeda dengan Gal Gadot yang teken kontrak membintangi sekuel sebulan setelah Wonder Woman dirilis, Jenkins tidak langsung menerima tawaran Warner Bros. Dibutuhkan waktu tiga bulan.

Pada Wonder Woman, Jenkins berstatus sebagai sutradara pengganti. Dia menggantikan Michelle McLaren yang mundur gara-gara perbedaan visi kreatif dengan Warner Bros. Dia hanya dikontrak untuk satu film.

Meski begitu, kita semua tahu kinerja sutradara Monsters itu memuaskan. Film yang ber-setting Perang Dunia I tersebut mengumpulkan lebih dari USD 800 juta atau setara dengan Rp 10,5 triliun dari seluruh dunia.

Prestasi itulah yang membikin Jenkins kembali diburu buat sekuel Wonder Woman. Apalagi, istri penulis Sam Sheridan tersebut juga disukai pihak eksekutif.

Geoff Johns, produser film-film adaptasi DC Comics, kagum dengan Jenkins yang punya banyak ide bagus.

”Patty dan aku sedang membenahi naskahnya. Kami punya banyak ide keren buat lanjutan Wonder Woman,” terang Johns ketika diwawancarai Juli lalu. Wonder Woman 2 bakal dirilis pada 13 Desember 2019. (jpnn)

LONDON, RadarPena.com - Film Istirahatlah Kata-Kata yang mengisahkan Widji Tukul, penyair dan aktivis era Orde Baru yang sampai kini tak tahu rimbanya, meraih penghargaan khusus pada Festival Film Internasional "Love is Folly" di Kota Varna, Bulgaria, sejak 25 Agustus hingga 3 September.

Sekretaris pertama Pensosbud KBRI Sofia Nurul Sofia mengungkapkan 102 film ditayangkan pada festival yang merupakan salah satu terbesar di Balkan. Penghargaan yang diterima "Istirahatlah Kata -Kata" yang diproduseri Yulia Evina Bhara dan Anggi Noen adalah penghargaan kedua tertinggi setelah Grand Prix Award.

Panel juri internasional memberi penghargaan kepada pemenang festival lainThe Citizen dari Hungaria yang memenangkan Penghargaan Utama Grand Prix Aphrodite. Selain itu Pemeran Utama Wanita Terbaik dimenangkan Rimma Zyubina untuk film "The Nest of the Turtledove" dari Ukraina dan untuk Pemeran Utama Pria Terbaik dimenangkan Konu lewat "Wedding Dance" dari Turki.

Keikutsertaan film Indonesia dalam festival ini adalah hasil kerja sama KBRI Sofia dengan Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud yang bertujuan mendukung sineas Indonesia bersaing pada tingkat global. Film pilihan Indonesia diputar dalam segmen khusus Indonesian Panorama, meliputi film Nokas, Athirah, Salawaku, Emma, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, dan Kejarlah Daku Kau Kutangkap.

Menurut Sekar Ayu Asmara, kurator dari Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, pemilihan film untuk ikut serta dalam kompetisi ini salah satu diantaranya karena cerita Widji tukul dapat terjadi pada siapa saja sehingga wakil dari bangsa lain pun bisa merefleksikan isi ceritanya.

Dubes RI Sofia Sri Astari Rasjid mengaku bangga atas prestasi Indonesia tini dan berharap film Indonesia lainnya dapat melanglangbuana di Balkan tahun-tahun mendatang sebagai salah satu alat mendukung promosi Indonesia.

 

LOS ANGELES, RadarPena.com - Mark Wahlberg melejit ke puncak daftar tahunan aktor dengan bayaran tertinggi di dunia yang dibuat majalah Forbes. Wahlberg (46) memperoleh sekitar USD 68 juta pada 2017 berkat film "Daddy's Home 2" dan "Transformers: The Last Knight", berdasarkan peringkat Forbes yang dirilis Rabu (23/8).

Aktor yang dulu rapper itu menggeser Dwayne "The Rock" Johnson dari posisi puncak tahun lalu menjadi peringkat kedua tahun ini, dengan perkiraan penghasilan 2017 sebesar USD 65 juta. Forbes memperkirakan pendapatan, di luar pajak dan biaya pengelolaan, dari film, TV dan iklan.

Daftar Forbes kembali menyoroti kesenjangan gender di Hollywood terkait honor. Pekan lalu, majalah tersebut mengumumkan aktris "La La Land" Emma Stone sebagai aktris dengan bayaran tertinggi di dunia dengan perkiraan pendapatan sebesar USD 26 juta tahun ini.

Forbes mengatakan gabungan gaji dari 10 aktor dengan bayaran tertinggi dalam periode Juni 2016-Juni 2017 mencapai angka USD 488,5 juta, hampir tiga kali lipat dari jumlah pendapatan 10 aktris dengan bayaran termahal yang hanya mencapai angka USD 172,5 juta.

Bintang "Pirates of the Caribbean" Johnny Depp, yang selama bertahun-tahun menjadi salah satu dari lima aktor bayaran tertinggi, tidak masuk 20 besar tahun ini. Sementara tiga bintang Bollywood yakni  Shah Rukh Khan (USD 38 juta ), Salman Khan (USD 37 juta  dan Akshay Kumar (USD 35,5 juta ) menempati posisi ke 8, 9 dan 10 dalam daftar Forbes.(rmol)

 

JAKARTA, RadarPena.com - Ingat pada 20 September Gerbang Neraka bakal hadir. Film dengan kengerian yang luar biasa ini sudah mulai tayang di bioskop-bioskop tanah air pada saat itu.

Sebagai permulaan, film yang dibintangi Reza Rahadian dan Julie Estelle telah dilaunching trailer-nya Senin (21/8).

”Nggak langsung tayang bukan karena menunggu momen saja. Tapi karena kami ingin membuat film yang benar-benar bagus,” kata Robert Ronny, produser, saat ditemui di XXI Plaza Indonesia, Jakarta Pusat.

”Setahun lebih ini kami fokus memoles film dengan CGI (computer-generated imagery, Red),” lanjutnya. Dia pun menjanjikan film tersebut menjadi horor jenis baru yang lebih keren.

Rizal menambahkan, dalam film berdurasi 112 menit itu, sebenarnya hanya 30 persen yang menggunakan CGI. Namun, pembuatannya tetap lama karena tim Orange Studio mengerjakannya dengan sangat hati-hati.

”Saya mending agak lama tapi bagus pas keluar nanti daripada cepat kelar tapi CGI-nya kasar,” ujar Rizal.

Gerbang Neraka tidak melulu hantu-hantuan. Ada unsur petualangan dan arkeologi. Dilihat dari trailer, sekilas modelnya mirip The Mummy. Yakni, ekspedisi ke sebuah situs sejarah yang ternyata angker.

Rizal mengakui, Gerbang Neraka memang terinspirasi dari film-film sejenis. Namun, dia membuatnya dengan pendekatan situs di Indonesia. Yakni, Gunung Padang, Cianjur.

”Ini (situs, Red) masih misterius dan banyak tanda tanya. Lebih tua daripada situs Mesir, umurnya sudah 45 ribu tahun,” jelas Rizal.

”Ini secara faktual dan sudah diakui dunia, tapi masih belum dibongkar. Jadi kan seru untuk bisa dibuat cerita fiksi. Gimana kalau di dalamnya ada ini. Jadi, kita bisa banyak bermain,” kata Rizal antusias.

Reza bakal berperan sebagai wartawan bernama Tomo Gunadi. Dia bertugas menulis artikel tentang ekspedisi ke Gunung Padang. Sementara itu, Julie memainkan karakter arkeolog bernama Arni Kumalasari.

Berbeda dengan Reza yang sudah dua kali bermain dalam film horor, kali ini adalah pengalaman pertama Julie. Dia pun sangat bersemangat. ”Aku riset dari baca buku, di internet, tentang Gunung Padang ini,” jelas Julie.

”Karena ini kan situs yang beneran ada dan sudah berumur ribuan tahun sebelum Masehi. Aku banyak cari tahu fakta yang ditemukan untuk lebih mendalami dari segi arkeologi,” tambah bintang Headshot tersebut. (jpnn)

MEDAN, RadarPena.com - Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, hari ini Sekitar 2.227 peserta meramaikan Karnaval Pesona Danau Toba 2017 di Balige, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara. Ribuan peserta tersebut berasal dari berbagai komunitas, seniman, dan perwakilan penyelenggara festival di 8 Kabupaten di kawasan Danau Toba.

Arief menyebut, semua orang turun ke pesta tahunan dalam rangka HUT RI itu. Mereka memakai ulos, ikat kepala sortali, dan berbusana adat Nusantara dengan warna merah tua, hitam dan ornamen putih.

"Tahun lalu, semua orang merinding karena kemeriahan Karnaval Pesona Danau Toba. Tahun ini dilangsungkan lagi 10 September 2017," kata Arief.

"Beberapa Kabupaten Dairi, Karo, Simalungun, Samosir, Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba Samosir, Pakpak Bharat, semua ikut meramaikan. Ada 55 Kontingen yang ikut karnaval. Setiap kontingen paling sedikit ada 30 orang dan paling banyak ada 200 orang,” tambah Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Toba Samosir Ultri Sonlahir Simangunsong, di Balige.

Ultri menjelaskan, tak hanya menampilkan budaya dan tradisi, peserta karnaval juga akan diikuti 41 mobil hias dan 11 becak hias. Selain itu, ada 300 manghunti tandok (menjunjung tandok) juga peserta karnaval yang bermain trompet sangkakala dan lainnya.

"Jadi nanti ada juga barisan parade multietnis yang tidak hanya dari 8 kabupaten disekitar Danau Toba. Juga ada barisan parade dari etnis Nias, Jawa, Melayu, India dan China. Ini bisa menjadi karnaval yang hangat, akrab, komunikatif, dan bisa berbagi kebahagiaan. jadi harus merangkul segala kalangan. Jadi tak hanya seni budaya tradisi, tapi juga ada budaya yang lainnya," katanya.

Karnaval yang menempuh jarak 2,7 Km ini akan dimulai dari Soposurung dan jalur finish karnaval akan ada di Bank Sumut Balige. Selain itu, Semua detailnya original, desain panggung dengan nuansa merah putih dan backdrop gambar Danau Toba akan berada di Lapangan Sisingamangaraja itu menjadi lokasi kumpul untuk hiburan rakyat.

“Akan ada pula Pameran Produk Kuliner di Tugu DI Panjaitan dan Lapangan Sisingamaraja XII Balige. Rangkaian karnval sendiri akan dimulai pada pukul 13.00 WIB hingga 21.30 WIB,” kata Ultri.

Kesiapan seluruh agenda itu ikut dipuji Menteri Pariwisata Arief Yahya. Dia mengaku senang lantaran atraksi Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2017 sudah siap.

Agendanya bahkan diyakini tidak kalah seru dengan puncak Karnaval Kemerdekaan di Bandung. “Atraksi sudah siap. Eksposure medianya juga akan jauh lebih kuat karena kegiatan ini akan diliput stasiun TV nasional maupun internasional," katanya.

Dampak positifnya pun disebut-sebut bakal besar. Hotel, restoran, rental mobil, pedagang souvenir, semua akan kecipratan berkah dari Karnaval Kemerdekaan Pesona Toba 2017. “Semua lini pasti akan hidup. Dijamin Anda tak akan kecewa," ujarnya. (adv/jpnn)

SURABAYA, RadarPena.com - Badan Pusat Statistik (BPS) Jatim mencatat, tren kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Thailand ke Jawa Timur sepanjang Juli 2017 sebanyak 1.599. Jumlah itu meningkat signifikan dibandingkan kunjungan sepanjang Juni yang hanya 299 turis. Jika dipersentase, kenaikan kunjungan turis asal Thailand ke Jatim pada Juli lalu mencapai 434,78 persen.

Kepala BPS Jatim Teguh Pramono mengatakan, fenomena itu cukup unik. Sebab, Thailand dan Indonesia memiliki kesamaan iklim dan atraksi wisata. “Berbeda dengan wisatawan mancanegara dari AS dan Korea Selatan yang mengisi musim panas dengan perjalanan wisata,’’ papar Teguh.

Selain turis asal Thailand, kunjungan travelista dari Hong Kong sepanjang Juli 2017 juga meningkat tajam. Angkanya mencapai 149,16 persen secara month to month (mtm). Sementara itu, turis asal Taiwan naik 117,7 persen (mtm).

Wisatawan asal Thailand, Hong Kong, dan Taiwan menjadi pendongkrak kunjungan turis asing ke Jatim. Sepanjang Juli lalu, jumlah wisman yang masuk melalui pintu utama Juanda mencapai 23.357. Angka itu meningkat 42,58 persen dibandingkan Juni 2017 yang berjumlah 16.382.

Turis asal Malaysia masih mendominasi kunjungan dengan jumlah mencapai 4.080 alias naik 21,10 persen dibandingkan Juni 2017. Posisi kedua diduduki turis asal Tiongkok yang berjumlah 1.999 atau melonjak 134,62 persen dibandingkan Juni 2017.

Sementara itu, turis asal Singapura berada di urutan ketiga dengan jumlah 1.937. Kunjungan turis asal Singapura pada Juli 2017 naik 4,65 persen dibandingkan periode Juni.

Secara kumulatif, kunjungan wisman ke Jatim sepanjang Januari hingga Juli 2017 mencapai 125.157. Artinya, ada kenaikan sebesar 7,64 persen dibanding periode yang sama 2016 lalu yang berjumlah 116.274. “Jumlah wisatawan dari Malaysia selama Januari hingga Juli 2017 mencapai 23.022 orang,” jelas Teguh.

Sementara itu, tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang pada Juli 2017 mencapai 58,63 persen. Itu berarti ada kenaikan sebesar 7,53 poin dibanding Juni 2017 yang mencapai 51,10 persen.

Teguh memerinci, sesuai klasifikasi bintang, TPK hotel berbintang dua pada Juli 2017 mencapai 63,08 persen. "Itu merupakan TPK tertinggi dibanding hotel lainnya," ujar Teguh.

Sementara itu, TPK bintang empat sebesar 60,34 persen, bintang tiga sekitar 56,91 persen, bintang lima hingga 57,29 persen, dan hotel berbintang satu mencapai 48,81 persen. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan, mulai 1 September 2017, Angkasa Pura II (AP II) menggratiskan jasa tenaga angkut barang (porter). Jasa ini bakal tersedia di Terminal I dan II Bandara Soekarno-Hatta.

“Per tanggal 1 September 2017 jasa porter di Terminal 1 dan Terminal 2 diubah menjadi layanan airport helper. Penumpang yang menggunakan jasa porter tidak perlu membayar, semua gratis,” kata  Kamis (31/8).

Awaluddin menjelaskan, karena namanya sudah berubah menjadi airport helper, maka bantuan yang diberikan tidak hanya soal angkat-angkat barang penumpang, melainkan apa saja selama dalam wewenang airport helper. Dan semuanya dibebaskan dari uang tip. “Apapun akan dibantu selama mereka bisa membantu dalam kewenangannya. Namanya juga helper. Tidak dikenakan biaya alias free of charge and no tipping,” ujar Awaluddin.

Awaluddin mengungkapkan, sebelumnya kebijakan jasa angkut barang gratis hanya berlaku di Terminal III yang melayani penerbangan internasional dan domestik. Kebijakan jasa porter gratis itu, menurut Awaluddin, merupakan salah satu upaya menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai bandara berkelas internasional.

“Kami ingin memberlakukan semua terminal sama seperti di Terminal III. Jadi semua terminal itu sama. Kan kami mau go international world class,” kata Awaluddin.

Awaluddin menambahkan, selama ini ada tiga vendor yang menyuplai tenaga jasa angkut di area Bandara Soekarno-Hatta dengan jumlah sekitar 800 tenaga kerja. Nantinya, PT Angkasa Pura Solusi yang merupakan anak perusahaan PT Angkasa Pura II yang akan mengatur pendapatan dari para porter yang selama ini mengandalkan tips dan target.

"Kami paham kebijakan porter gratis akan berdampak terhadap mekanisme pengupahan para buruh. Kalau yang dulunya per target. Kita kan UMR, soal besarnya gaji masih digodok,” pungkas Awaluddin. (adv/jpnn)

SUKABUMI, RadarPena.com - Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar berharap pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhanratu menerapkan jurus ala Menteri Pariwisata Arief Yahya, yakni jurus 3A yang terdiri dari akses, atraksi, dan amenitas untuk mendongkrak pariwisata. Dia mengatakan, pihaknya tengah mendorong semua pihak agar secepatnya mendirikan beberapa homestay atau tempat singgah bagi wisatawan.

"Dalam rumus 3A yang dipopulerkan Arief Yahya, homestay maupun tempat singgah merupakan unsur amenitas. Program homestay sedang diluncurkan sekarang. Geopark Ciletuh-Palabuhanratu ini akan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus,” ungkap Deddy saat membuka Festival Geopark Ciletuh-Palabuhanratu 2017 di GOR Tinju Palabuhanratu, Minggu (27/8).

Dedy meyakini, homestay akan mendongkrak perekonomian masyarakat setempat. Hal itu sejalan dengan program Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang bertekad membangun 100 ribu homestay hingga 2019 mendatang. “Makanya, homestay perlu cepat dibangun agar ada partisipasi masyarakat di dalamnya,” imbuh Deddy.

Selain itu, akses juga harus dibenahi. Dia mengatakan, Presiden Joko Widodo pernah berjanji mempercepat penyelesaian pembangunan jalan Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) pada 2019, selain Tol Jakarta-Bogor-Palabuhanratu (Jagoratu). Apabila Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi selesai, waktu tempuh menuju ke Sukabumi akan semakin pendek.

“Untuk jalanan di dalam ini (akses jalan menuju lokasi wisata) juga kami kasih bantuan besar. Rp 211 miliar, di luar CSR yang ada. Itu hanya untuk jalan. Jalanannya makin baik dan ada jalan baru. Dari Loji ke Puncak Darma. Jadi, dari sini (Palabuhanratu) ke Puncak Darma cuma satu jam,” Tutur Deddy.

Selain itu, Pemprov Jabar juga berharap pembangunan bandara di Ciletuh atau Palabuhanratu. Namun, Deddy mengatakan, Kementerian Perhubungan meminta alternatif lokasi untuk pembangunan bandara selain di Citarate. “Sebab ini (bandara) bisa melayani masalah pemerintahan dan juga kepariwisataan. Tahun depan bisa mulai bangun. Alternatifnya di Citarate atau Cikembar,” tutur Deddy.

Deddy juga meminta pengelola memperhatikan atraksi di destinasi wisata. Dia berharap pengelola tidak merugikan wisatawan. Deddy mencontohkan pemberlakuan tarif berbagai fasilitas di Pantai Palampang.

Menurut dia, tarif harus wajar dan tidak boleh sesukanya. Misalnya, untuk homestay, produk makanan, dan tempat parkir. “Saya dengar karena banyak pengunjungnya, tempat sampahnya tidak memadai. Atau mungkin harus ada pengelolaan sampah yang dilakukan oleh masyarakat sendiri. Juga harga (tarif) jangan naik-naikkan sesukanya, seolah-olah memeras para pengunjung,” ujar Deddy.

Di sisi lain, Dedy juga meminta semua informasi tentang Geopark Ciletuh-Palabuhanratu didigitalisasi. Hal itu harus dilakukan agar potensi seni, budaya, dan wisata alam di geopark bisa tersebar luas dan cepat.

Dengan begitu, wisatawan makin gampang mendapatkan informasi tentang destinasi wisata melalui internet. “Kawasan pariwisata harus ada digitalisasi ke depan. Informasi tentang kepariwisataan tadi terinformasikan dengan cepat kepada siapa saja,” ujar Deddy. (dia/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Jurus perjalanan wisata pengenalan (FamTrip) kembali dikeluarkan Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Kali ini, yang disasar potensi-potensi wisata MICE (Meeting, Incentife, Conference, Exbition) yang ada di Indonesia.

Empat penyedia bisnis (MICE) langsung diundang melakoni FamTrip ke Jogja-Bali, 2-6 Agustus 2017.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara, Kemenpar I Gde Pitana mengatakan, famtrip ini dalam rangka memperkenalkan sekaligus mempromosikan Wonderful Indonesia ke beragam destinasi wisata prioritas Indonesia. Yang dibidik, mengejar target kunjungan 15 juta wisatawan mancanegara 2017 khususnya dari pasar Asia Pasifik.

“Kegiatan Fam Trip dengan mengundang Biro perjalanan adalah salah satu bentuk promosi destinasi yang efektif. Selain dapat mengenal lebih jauh karakter destinasi, Biro Perjalanan bisa membuat paket wisata Indonesia ke negara asalnya. Ingat, seeing is believing!" ujar Pitana.

Kegiatan FamTrip kali ini, lanjut Pitana, dilaksanakan dengan membawa para wedding planner. Diharapkan dengan membawa para wedding planner ini agar para peserta dapat membuat paket-paket wisata terkait dengan wedding.

"Para peserta diarahkan mengunjungi destinasi-destinasi di Jogja Bali yang dapat dibuat sebagai paket wedding. Kami akan goda para wedding planner ini untuk merancang serta menjual paket wedding kepada para biro perjalanan dan membawa lebih banyak paket wisata terkait wedding. Para wedding planner yang dipilih adalah para wedding planner pilihan dan kredibel," papar Pitana.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik Vinsenius Jemadu mengharapkan para penyedia Bisnis (Biro perjalanan) India bisa menikmati keelokan panorama dan budaya tradisional Jogja dan Bali yang pada akhirnya terdorong untuk membuat dan menjual paket produk wisata terkait weeding kepada masyarakat di India.

"Nantinya saat berada di Jogjakarta, peserta Fam Trip akan diperkenalkan kepada destinasi wisata yang memiliki sejarah dan keindahan Candi terbesar dunia yaitu Borobudur dan Prambanan. Setelah itu, rombongan akan bergerak ke Bali selain menikmati keindahan Bali, juga untuk menikmati kuliner khas Bali di samping juga masakan khas India," ujar pria yang kerap disapa VJ tersebut.

Setting-an perjalannnya disiapkan serius. Arahnya, membuat semua biro perlanan wisata India puas. Semua akan diboyong ke desa wisata Leke Leke di Bedugul. Kawasan itu merupakan lokasi yang siap untuk disambangi wisatawan India dalam melakukan aktivitas Tubing.

"Nantinya para penyedia biro perjalanan India ini dapat menikmati keelokan panorama dan budaya tradisional Jogja dan Bali yang pada akhirnya terdorong untuk membuat dan menjual paket produk wisata baru ke India setelah mengikuti FamTrip ini," harap pria murah senyum ini.

Seperti diketahui, Kemenpar menargetkan kunjungan wisatawan India sebesar 546.000 pada 2017 ini bisa tercapai.

Menteri Pariwisata Arief Yahya meminta kepada seluruh timnya untuk bisa memberikan pelayanan terbaik, penjelasan terbaik, pemilihan destinasi yang tepat dengan pasar, mengetahui karakter dan kebiasaan wisman dengan cermat.

"Berikan mereka keberhasilan sentuhan yang terasa di saat datang ke Indonesia. Biarkan mereka merasakan kehangatan dan keindahan Indonesia saat melaksanakan Fam Trip," kata Menpar Arief Yahya. (adv/jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com - Sawahlunto International Songket Carnival 2017 atau biasa disebut SISCa 2017 sebentar lagi bakal digelar. Perhelatan berlevel internasional itu dimulai tanggal 25 hingga 27 Agustus 2017, di Sawahlunto, Sumatera Barat.

Wali Kota Sawahlunto Ali Yusuf menjelaskan, acara yang sudah digelar untuk ketiga kalinya ini penuh dengan rangkaian acara yang sangat menarik. ”Kami laksanakan lagi karena semangat kami menumbuhkembangkan rasa cinta dan bangga akan Songket Silungkang. Kami gelar sebagai pemicu semangat penenun untuk terus berkreativitas dengan tradisi turun temurun nenek moyang nagari Silungkang. Ini poin yang kami usung,” ujar Ali.

Lebih lanjut Ali mengatakan, perhelatan yang pernah menyabet rekor MURI untuk peserta dengan songket terbanyak pada tahun 2015 lalu ini sangat dinantikan oleh masyarakat lokal Sawahlunto maupun wisatawan yang berkunjung ke Sawahlunto dengan penuh antusias.

"Kali ini kami mengusung tema Heritage for Sustainability, event ini kami harapkan mendulang kesuksesan serta berdampak positif secara maksimal terhadap perekonomian masyarakat lokal Sawahlunto,” katanya. Acaranya ? banyak banget. Wisatawan nantinya akan disajikan puncak acara karnaval atau arak-arakan yang menampilkan kreativitas desain dengan bahan utama Songket Silungkang. Kata Ali, event yang termasuk sebagai 10 nominator Festival Pariwisata Terpopuler di ajang Anugerah Pesona Indonesia 2017 ini diharapkan benar-benar dapat mengangkat nama Songket Silungkang di pentas nasional maupun Internasional.

Nanti ada Pameran Songket Internasional (25-27 Agustus 2017), Fashion Show Cilik (25 Agustus 2017), SISCa Night (26 Agustus 2017), Konferensi Songket Nusantara (26 Agustus 2017), Karnaval Songket Silungkang (27 Agustus 2017). ”Penuh warna dan penuh atraksi,” kata Ali bangga. Ali juga menginformasikan jika sobat wisata berminat mengikuti SISCa 2017 silahkan menghubungi tim yang akan menyambut para wisatawan yakni Nofriadi 081277864810, R. Ady Negoro 081372394801, Wulandary 085375018585 dan Suci R 081261050964.

Sekadar informasi, Songket Silungkang dibuat secara tradisional. Alat yang digunakan sebagian besar masih memanfaatkan tenaga manusia. Hal ini justru menjadi keunikan tersendiri, karena pengarjin bisa melakukan modifikasi beragam motif songket dan warna sesuai dengan keinginan pembeli (pasar).

Warna paling dominan yang digunakan adalah warna merah dan hitam. Sedangkan songket modifikasi saat ini sudah kaya akan warna, seperti warna hijau dan biru. Tak hanya warna, motifnya pun sudah banyak mengalami penyesuaian agar terlihat modis dengan model masa kini.

Songket merupakan produk tekstil yang telah dikenal sebagai warisan budaya. Songket dikenal bukan hanya karena keindahan kilau benang emas dalam berbagai motif yang unik saja, melainkan juga karena fungsi sosialnya sebagai alat kelengkapan kostum tradisional.

Salah satu jenis songket yang memiliki sejarah panjang adalah Songket Silungkang dari Sumatera Barat. Songket Silungkang dikenal sebagai sebuah produk peradaban bernilai tinggi yang diminati oleh banyak wisatawan dan telah menjadi salah satu sumber ekonomi yang menopang kehidupan masyarakat dan pariwisata Sawahlunto.

“Saya berharap Silungkang dapat terus menjadi inspirasi, tak hanya menjadi objek budaya, tetapi juga dapat menjadi sumber kreasi terutama bagi para desainer dan pelaku industri sehingga dapat memberikan kontribusi besar dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dengan adanya festival ini, Pemanfaatan kekayaan budaya lokal, seperti songket, dalam industri akan mengangkat nama Indonesia karena keunikan dan keunggulannya. Selamat dan sukses untuk acara SISCa 2017,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. (adv/jpnn)

Advertisement
Sign up via our free email subscription service to receive notifications when new information is available.