Petahana Masih Terlalu Kuat, Kandidat Lain Mundur Satu per Satu

Typography

LEBAK, RadarPena.com - Pilkada Kabupaten Lebak, Banteng, yang akan digelar 2018 berpotensi hanya diikuti satu pasangan calon bupati-wakil bupati, alias calon tunggal.

 

Pasalnya, jauh hari sebelum dimulainya tahapan Pilkada Lebak 2018 yang digelar oleh KPU setempat, sejumlah parpol besar sudah mendeklarasikan dukungan kepada pasangan petahana, Iti Octavia Jayabaya dan Ade Sumardi.

 

Iti Octavia Jayabaya merupakan anak kandung Jayabaya (mantan Bupati Lebak dua periode merupakan kader Partai Demokrat) dan Ade Sumarti yang juga kader PDIP saat ini menjabat Bupati dan Wakil Bupati Lebak periode 2014-2019. Tapi, proses Pilbup Lebak dimajukan satu tahun karena masuk Pilkada Serempak 2018.

 

Hingga kini, parpol yang sudah menyatakan mendukung kembali pasangan incumbent selain Partai Demokrat dan PDIP adalah PPP dan Partai Golkar.

 

Bahkan, muncul isu PKB juga akan segera mendeklarasikan dukungan kepada pasangan yang memenangi Pilbup Lebak 2014 lalu tersebut.

 

Satu per satu nama-nama yang sempat disebut-sebut akan ikut mencalonkan diri pada Pilbup Lebak yang akan dihelat pada 2018 mendatang secara teratur mengundurkan diri.

 

Sebut saja Ade Rossi Khairunissa (istri Andika Hazrumy yang kini menjabat Wakil Gubernur Banten).

 

Begitu juga Andiara Aprilia (istri Tanto W Arban yang kini menjabat Wakil Bupati Pandeglang) yang awalnya sempat digadang-gadang sudah menyatakan diri tidak akan berlaga dalam Pilbup Lebak 2018.

 

Dalam Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) PPP Kabupaten Lebak sudah bulat memutuskan untuk mendukung kembali Iti Octavia Jayabaya pada Pilkada Kabupaten Lebak 2018 mendatang.

 

”Hasil keputusan seluruh PAC, bulat ingin kembali mengusung Iti Octavia Jayabaya,” terang Ketua DPC PPP Kabupaten Lebak Maman Sudirman seperti diberitakan INDOPOS (Jawa Pos Group).

 

Menurutnya, keputusan itu dibuat setelah melalui beberapa tahapan yang telah ditempuh partai dan mengerucutkan seluruh perbedaan untuk satu suara menuju Kabupaten Lebak yang lebih baik.

 

”PAC sepakat menyatukan dukungan kembali untuk memperjuangkan kemenangan Iti Octavia Jayabaya,” tegasnya.

 

Senada juga dilakukan Partai Golkar. Hasil rapat pleno diperluas DPD II Partai Golkar Lebak dan seluruh kader menyepakati untuk memberikan dukungan tanpa syarat kepada Iti Octavia Jayabaya pada Pilkada Lebak 2018 mendatang.

 

”Dengan kebulatan tekad, kami keluarga besar dan kader Partai Golkar Lebak menyatakan mendukung Iti Octavia Jayabaya untuk menjadi bakal calon Bupati Lebak periode 2019-2024,” terang Ketua DPD II Partai Golkar Lebak, Suparman dalam sambutanya pada rapat pleno diperluas Partai Golkar Lebak yang digelar di Gedung Serba Guna As-Sakinah, Cibadak, Sabtu (17/6).

 

Selain itu, untuk Calon Wakil Bupatinya, DPD II Partai Golkar Lebak menyerahkan sepenuhnya kepada Iti Octavia Jayabaya selaku calon bupati untuk menentukan.

 

”Dukungan yang diberikan tanpa syarat apa pun dan menyerahkan sepenuhnya kepada beliau (Iti Octavia Jayabaya) siapa yang bakal jadi calon wakilnya,” cetus Suparman.

 

Sementara itu, Iti mengatakan dukungan yang sudah diberikan oleh empat parpol merupakan sebuah penyemangat bagi dirinya untuk berbuat lebih baik lagi, dalam membangun dan bagi kemaslahatan masyarakat Kabupaten Lebak.

 

Bahkan, dirinya merasa kaget jika Partai Golkar Lebak dengan cepat telah menyatakan sikap dukungannya.

 

”Kaget juga sih, Partai Golkar Lebak begitu cepat menyatakan sikap dukungannya. Tapi, sebelumnya, komunikasi antara saya dengan pengurus Golkar memang sudah intens,” ujar Iti. (yas/jpnn)