Aksi Griezman dan Giroud Bawa Prancis ke Piala Dunia 2018

Typography

JAKARTA, RadarPena.com- Tuntas sudah! Prancis menuntaskan misi untuk lolos ke Piala Dunia 2018 yang berlangsung di Rusia. Tim asuhan Didier Deschamps itu butuh laga pamungkas untuk memastikan tiket lolos langsung ke Rusia 2018.

 

Les Bleus - julukan timnas Prancis, terbang ke Rusia usai menang 2-1 saat menjamu Belarusia, Rabu (11/10) dini hari WIB. Gol Prancis dihasilkan lewat aksi Antoine Griezmann pada menit 27 dan Olivier Giroud pada menit 33. Belarusia memperkecil ketertinggalan menjadi 1-2 pada menit 44 lewat Anton Saroka.

 

Tiga poin itu membuat Les Bleus mengumpulkan 23 poin pada klasemen akhir Grup A Pra-Piala Dunia 2018 zona UEFA. Griezmann cs unggul 4 angka dari peringkat kedua yakni Swedia yang kalah pada saat bersamaan di markas Belanda. Meski begitu, Swedia masih berpeluang lolos lewat jalur play-off.

 

Bagi Prancis, ini untuk ke-15 kalinya mereka tampil di pentas akbar Piala Dunia. Hebatnya, dalam 6 Piala Dunia terakhir, Les Bleus selalu tampil. Prestasi terbaik Les Bleus adalah juara pada 1998 saat menjadi tuan rumah. Sedangkan pada Piala Dunia terakhir yakni 2014 di Brasil, Prancis hanya sampai ke perempat final.

 

Les Bleus memang harus menang demi lolos langsung ke Rusia. Pasalnya, poin mereka dengan Swedia hanya berselisih 1. Deschamps tak mau ambil risiko dengan berharap Swedia kalah di kandang Belanda. Dia ingin para pemainnya menentukan nasib sendiri.

 

Tampil menekan sejak menit pertama, Les Bleus baru bisa membobol gawang Belarusia pada menit 27 lewat Griezmann. Menerima umpan terobosan Blauise Matuidi, penyerang Atletico Madrid itu lolos dari jebakan offside dan dengan kaki kiri berhasil menjebol gawang Belarusia yang dikawal Sergey Chernik. Prancis memimpin 1-0.

 

Selang 6 menit kemudian, Prancis unggul 2-0. Kali ini lewat aksi penyerang Arsenal, Giroud. Berawal dari kesalahan pemain belakang Belarusia dalam memberikan umpan, bola diterima Griezmann. Dia kemudian memberikan umpan terobosan kepada Giroud. Dikawal dua pemain, Giroud masih bisa mendorong bola dengan kaki kiri sambil terjatuh. Bola merobek gawang Belarusia.

 

Setelah unggul 2-0, permainan Les Bleus sedikit mengendur. Hal itu dimanfaatkan oleh Belarusia untuk terus memberikan tekanan. Pada menit 44, gawang Hugo Lloris akhirnya koyak setelah Saroka mencetak gol usai menerima umpan dari Yuri Kovalev.

 

Babak kedua, Les Bleus berusaha untuk menambah gol demi mengamankan kemenangan. Namun, mereka juga berhati-hati dalam membendung serangan Belarusia karena tak ingin kecolongan.

 

Sejumlah peluang didapat Les Bleus. Namun, tak ada yang bisa mengoyak jala gawang Chernik. Hingga peluit akhir dibunyikan, keunggulan 2-1 Les Bleus tak berubah. Dengan kemenangan itu Prancis pun tampil di Piala Dunia 2018.

 

SUSUNAN PEMAIN

Prancis: Hugo Lloris, Lucas Digne, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Djibril Sidibé, Corentin Tolisso, Blaise Matuidi, Thomas Lemar (Dimitri Payet 83'), Olivier Giroud, Kingsley Coman (Kylian Mbappe 61'), Antoine Griezmann (Moussa Sissoko 78')

Pelatih: Didier Deschamps

 

Belarusia: Sergey Chernik, Aleksey Yanushkevich (Sachivko 46'), Sergey Politevich, Stanislav Dragun, Maksim Volodko, Igor Stasevich, Siarhei Matveichyk, Yuri Kovalev (Skavysh 65'), Nikita Korzun (Bykov 79'), Aleksandr Karnitskiy, Anton Saroka

Pelatih: Igor Kriushenko

 

 

(epr/JPC)