Indonesia Ekspor 30 ton Bawang Merah ke Timor Leste

Typography

ATAMBUA, RadarPena.com - Pemerintah melalui Kementerian Pertanian (Kementan), hari ini (12/10) mulai mengekspor bawang merah ke Timor Leste. Ekspor bawang merah ke Republik Demokratik Timor Leste (RDTL) itu merupakan produksi Nusa Tenggara Timur (NTT).

"Rencana ekspor bawang merah ke Timor Leste sudah dipersiapkan dengan memenuhi semua dokumen ekspor," Ujar Staf Ahli Menteri Pertanian Bidang Infrastruktur, Ani Andayani disela-sela persiapan ekspor bawang merah di Atambua, NTT, Rabu (11/8) malam.

Dia menerangkan, ekspor perdana ini secara sombolik akan mengangkut 30 ton bawang merah ke Timor Leste. Malahan, bawang merah NTT ini merupakan produk unggulan. "Bawang merah NTT ini produk berkualitas terbaik, bahkan organik," terangnya.

Selain pertanian, komoditas peternakan juga ke depannya akan turut diekspor ke Timor Leste. Di antaranya, ternak unggas dan produk turunanya, seperti Daging Ayam segar, DOC dan Pakan Ternak.

Ani juga sangat mengapresiasi masyarakat dan pemerintah Provinsi NTT hingga kabupaten-kabupaten yang berbatasan langsung dengan Timor Leste, seperti kabupaten Malaka.

"Saat ini kabupaten malaka meluncurkan program "RPM" (Revolusi Pertanian Malaka), yang menetapkan 8 komoditas unggulan yakni, Jagung, Padi, Kacang Hijau, Bawang Merah, Mete, Kambing, Itik dan Ikan Bandeng, dengan fokus pada One Village One Product (OVOP)," terangnya.

Dia menambahkan, langkah awal keran ekspor ini sekaligus akan mengoptimalkan sisi perbatasan wilayah Republik Indonesia. Tidak hanya Timor Leste, negara tetangga lainnya seperti Malaysia, Brunei, Papua Nugini dan Singapura, pun akan menjadi tujuan ekspor.

Hal itu juga sebagai pelaksanaan program yang digagas Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melalui Program Membangun Lumbung Pangan Berorientasi Ekspor.

"Ini akan dijadikan sebagai pusat pertumbuhan ekonomi dari batas negeri, seperti amanat NAWACITA Pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla," pungkas Ani yang juga sebagai Penanggung Jawab UPSUS PaJaLe Provinsi NTT. (fab/mam/JPC)