8,65 Juta Penumpang Bakal Padati 13 Bandara Ini Selama Mudik

Typography

JAKARTA, RadarPena.com - Di hari raya Idul Fitri 1438 H ini diperkirakan 8,65 juta akan pulang mudik melewati 13 bandara yang berada di bawah kendali PT Angkasa Pura II (Persero). Perkiraan itu naik sekitar 4,7% dibandingkan lebaran tahun lalu.

President Director PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menuturkan, target tersebut akan dicapai berdasarkan pergerakan penumpang di sejumlah tersibuk dan bandara lainnya.

Untuk saat ini Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta) masih menjadi bandara tersibuk di Indonesia. Harapan tingginya arus penumpang di Bandara Soetta seiring telah dioperasikan terminal 3. Pengoperasian itu disertai dengan penambahan kapasitas dan fasilitas yang lebih baik.

Lantas disusul Bandara Internasional Kualanamu di Deli Serdang, Sumatera Utara. Bandara ini merupakan tersibuk kedua selama masa angkutan lebaran dan siap menyambut pemudik dan melepas mereka saat arus balik nanti.

Sejumlah bandara AP II juga berada di kota atau daerah yang memiliki ciri khas khususnya terkait mudik seperti Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang. Masyarakat daerah ini memiliki tradisi Pulang Basamo.

Selain itu, Bandara Sultan Syarim Kasim II yang terletak di Pekanbaru. Masyarakatnya juga memiliki tradisi dalam menyambut lebaran. Dengan semua persiapan yang telah disiapkan, AP II optimistis penyelenggaraan angkutan lebaran pada tahun ini akan lebih baik dibandingkan sebelumnya.

"AP II ingin memberi rasa aman dan nyaman kepada pemudik baik itu di bandara asal keberangkatan maupun bandara tujuan, untuk kemudian mengantar mereka bertemu dengan keluarga dalam rasa penuh kebahagiaan," jelas Muhammad Awaluddin Jumat, (16/6).

Oleh karena itu pihaknya telah memastikan kehandalan sistem keamanan, sistem kelistrikan, dan alat bantu visual, di samping tentunya juga melakukan optimalisasi penggunaan slot penerbangan supaya kapasitas kursi penerbangan mampu memenuhi kebutuhan pada saat arus mudik maupun arus balik.

"Penggunaan media sosial juga akan dioptimalkan guna memberikan informasi secara cepat kepada pemudik," tandas Muhammad Awaluddin.

Adapun PT Angkasa Pura II saat ini tengah mengelola 13 bandara. Yaitu, Soekarno-Hatta (Jakarta), Halim Perdanakusuma (Jakarta), Kualanamu (Medan), Supadio (Pontianak), Minangkabau (Padang), Sultan Mahmud Badaruddin II (Palembang), Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Husein Sastranegara (Bandung), Sultan Iskandarmuda (Banda Aceh), Raja Haji Fisabilillah (Tanjungpinang), Sultan Thaha (Jambi), Depati Amir (Pangkal Pinang) dan Silangit (Tapanuli Utara. (jawapos)