JAKARTA, RadarPena.com – Pengembang virus Malware telah melancarkan serangan virus jenis baru Ransomware Petya. Virus ini menjadi dalang kegaduhan di dunia siber sebagai virus jenis baru yang dideteksi ESET sebagai Win32/Diskcoder.C. Malware ini jika berhasil menginfeksi MBR, dia akan mengenkripsi keseluruhan drive.
Kondisi ini semakin diperparah karena serangan dikombinasikan melalui celah keamanan EternalBlue dan EternalRomance mengeksploitasi SMB yang sebelumnya digunakan WannaCry untuk masuk ke dalam jaringan. Kemudian menyebar melalui PSExec untuk menyebar di dalam jaringan.
Kombinasi berbahaya ini menjadi alasan mengapa wabah ini menyebar secara global dan cepat. Menggunakan dua eksploit kit ini, Ransomware menyebar melalui LAN ke komputer lain. Tidak seperti WannaCry, Petya hanya akan menyebar melalui LAN, dan tidak melalui internet. Dan hanya dibutuhkan satu komputer yang belum di patch untuk masuk ke dalam jaringan. Ransomware bisa langsung mendapatkan hak administrator dan menyebar ke komputer lain dalam satu jam. Akibatnya banyak bank, jaringan listrik dan perusahaan pos terinfeksi. Bahkan kantor-kantor pemerintah yang memiliki keamanan berlapis berhasil ditembus.
Dalam informasi dari lab ESET, Kamis (29/6), berbagai laporan insiden dari berbagai penjuru dunia masih terus berdatangan. Banyak perusahaan kebingungan mengetahui Ransomware mampu mengunci ratusan komputer dalam jaringan yang sama hanya dalam waktu satu jam. Jika pada serangan WannaCry yang menggunakan eksploit kit EternalBlue dapat dihentikan melalui mekanisme KillSwitch, yang kemudian mampu menghentikan sebagian besar infeksi.
“Ransomware Petya varian ini menduplikasi metode serangan WannaCry meskipun ada perbedaan mendasar pada akibatnya, jika WannaCry hanya mengenkrip file tertentu, maka varian Petya ini mampu mengenkrip seluruh hardisk pada akhirnya,” kata Technical Consultant PT Prosperita - ESET Indonesia, Yudhi Kukuh, dalam keterangan tertulis.
Dengan metode ini, ada kemungkinan akan mencapai Indonesia dengan cepat seperti halnya WannaCry, terlebih saat ini sedang libur panjang di mana kewaspadaan biasanya berkurang dan udpdate sistem/applikasi terhenti.
“Kehadiran Ransomware ini sudah dideteksi ESET melalui update terakhir bernomor 15653. Namun demikian, pengguna tetap harus selalu mawas diri dan terus meng-update seluruh software atau aplikasi yang digunakan dalam komputer. Jika sudah sempat terkena dengan gejala awal adanya peringatan yang muncul melalui layar monior, segera matikan komputer melalui tombol power,” jelasnya.
Versi terbaru Petya sudah mengantisipasi dengan tidak menyediakan kemungkinan adanya KillSwitch. Informasi terakhir dari lab ESET disebutkan sebaran dimulai melalui server yang dimiliki sebuah perusahaan software akuntansi M.E.Doc yang telah disusupi hacker dan dimanfaatkan untuk melakukan penyebaran Ransomware secara massive, sehingga M.E.Doc menuliskan peringatan dan permohonan maaf pada webnya. (jawapos)

JAKARTA, RadarPena.com – Dalam rangka memastikan layanan telekomunikasi prima selama libur Idul Fitri, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (“Telkom”) atau (”TelkomGroup”) mulai operasikan 85 posko TelkomGroup Siaga 247 yang terdiri dari 1 posko nasional, 9 posko anak perusahaan, 9 posko divisi fungsi TelkomGroup, 7 posko TelkomGroup regional serta 59 posko daerah di seluruh Indonesia,  untuk memantau infrastruktur dan layanan telekomunikasi TelkomGroup. Peresmian pengoperasian posko TelkomGroup Siaga 247 dilakukan oleh Direktur Network & IT Solution Telkom Zulhelfi Abidin di Jakarta, Senin (19/6). 

“Sebagai penyedia layanan telekomunikasi untuk sebagian besar masyarakat Indonesia, TelkomGroup berupaya menjamin seluruh layanan dalam kondisi yang stabil dan handal sepanjang waktu. Oleh karena itu, mulai hari ini hingga 2 Juli 2017, posko TelkomGroup Siaga 247 dioperasikan selama 24 jam dan 7 hari penuh dengan melibatkan lebih dari 13.117 personel yang terdiri dari karyawan TelkomGroup serta mitra dan petugas outsourcing yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain menugaskan personel untuk terus memonitor jaringan dan layanan selama 24 jam, kami juga melakukan pengecekan langsung kekuatan sinyal, peninjauan BTS, serta infrastruktur dan alat produksi lainnya,” ujar Zulhelfi

Zulhelfi melanjutkan, monitoring infrastruktur dan layanan telekomunikasi perlu dilakukan untuk mengantisipasi adanya gangguan yang berpotensi mengurangi kualitas layanan TelkomGroup. “Jelang mudik dan hari raya Idul Fitri, traffic telekomunikasi diprediksi meningkat karena semua orang ingin bersilaturahmi. Khususnya, bagi masyarakat yang tidak memiliki kesempatan mudik dan mengandalkan komunikasi melalui berbagai aplikasi Over the Top (OTT),  social media, voice call, sms ataupun telepon rumah. Tidak hanya itu, tentunya Idul Fitri merupakan momen kebersamaan dengan seluruh kerabat ataupun sanak saudara, sehingga berbagai layanan digital entertainment  juga menjadi salah satu pilihan untuk mengisi momen tersebut,” jelas Zulhelfi.

TelkomGroup juga memfokuskan pengawalan kualitas layanan di area PREMIUM, yaitu Public, Religious, Malls, Indoor, Uniqueness and Massive Crowds, mengingat area-area tersebut merupakan lokasi yang penting dan strategis sebagai titik aktivitas masyarakat selama Ramadhan dan Idul Fitri. 

Sementara itu, guna meningkatkan kenyamanan para pelanggan setia dalam memperoleh solusi terhadap kebutuhan komunikasinya, TelkomGroup membuka layanan 24 jam melalui contact center 147, twitter @telkomcare, serta beberapa lokasi GraPARI Telkomsel. 

Beroperasinya posko TelkomGroup Siaga 247 merupakan salah satu wujud komitmen TelkomGroup untuk senantiasa menjaga kualitas layanan telekomunikasi handal guna menciptakan pengalaman terbaik pelanggan. 

MEDAN, RadarPena.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung pembangunan daerah terutama pada sektor perbankan melalui modernisasi sarana bisnis PT Bank Pembangunan Daerah Sumatera Utara (Bank Sumut). Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Suhartono pada acara Kick Off Project Implementasi Smart Lift di Kantor Pusat Bank Sumut di Medan, Rabu (7/6).

Mewakili manajemen TelkomGroup, Suhartono mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bank Sumut kepada Telkom untuk melakukan modernisasi sarana bisnis Bank Sumut yang didukung oleh penyediaan ICT (Smart Lift). “Telkom sebagai perusahaan BUMN penyedia layanan ICT (Information and Communication Technology) terbesar di Indonesia selalu berkomitmen memberikan dukungan solusi layanan ICT yang dibutuhkan oleh perusahaan khususnya Bank Sumut,” ujar Suhartono. 

Smart Lift merupakan upaya modernisasi elevator modern yang dilengkapi dengan teknologi untuk memenuhi kebutuhan spesifik pelanggan yang mengutamakan kecepatan, keamanan dan ramah lingkungan.  Melalui teknologi ini, elevator akan menyortir penumpang dengan lantai berdekatan sehingga membutuhkan waktu yang singkat untuk sampai dibandingkan dengan yang berjauhan. 

Ditegaskan Suhartono, Telkom siap mendukung visi Bank Sumut menjadi bank regional yang berdaya saing tinggi dan dapat mendorong pertumbuhan dan pembangunan ekonomi daerah yang berkelanjutan melalui digitalisasi perbankan. “Kami telah menetapkan tim khusus yang dedicated untuk memastikan implementasi project sesuai target waktu yang ditentukan,”  terang Suhartono.

Sementara itu, Direktur Utama Bank Sumut Edie Rizliyanto optimis dengan dukungan Telkom Bank Sumut mampu melakukan transformasi digital. ”Dalam upaya transformasi BPD, peningkatan kualitas pelayanan mutlak diperlukan guna menjamin kepuasan pelanggan. Salah satunya adalah melalui modernisasi sarana dan prasarana pendukung bisnis perusahaan,” ujar Edie Rizliyanto.

Guna dapat men-deliver seluruh solusi layanan ICT yang dibutuhkan oleh Bank Sumut, Telkom didukung oleh anak perusahaannya, yakni PT PINS Indonesia (dengan portfolio pengadaan sarana prasarana bisnis perusahaan), PT Metra Digital Media (dengan portfolio media dan advertising), PT Infomedia Nusantara (dengan portfolio bisnis meliputi Customer Relationship Management-CRM, Business Process Outsourcing-BPO, Information Technology Outsourcing-ITO dan Knowledge Process Outsourcing-KPO), PT Sigma Cipta Caraka (dengan portofolio bisnis meliputi IT Managed Services, Software Development, System Integration, IT Consulting & Advisory dan Cloud Computing), PT Finnet Indonesia (dengan portofolio bisnis e-payment), PT Administrasi Medika (dengan portofolio bisnis meliputi e-Claim Individual, e-Claim Services Public Sector, e-Claim Services Private Sector, i-Assist (emergency medical), travel and personal assistance program), dan PT Telkomtelstra (dengan portofolio bisnis managed solutions).

 

JAKARTA, RadarPena.com - Sebagian orang mengangap harga drone sangatlah mahal. Begitu juga dengan produk-produk DJI. Tetapi brand asal Tiongkok itu berusaha memangkas stigma dengan melahirkan drone murah, dengan ukuran terkecil bernama Spark.

Bahkan terkecil di dunia. Bobot Spark hanya 10,6 ons, hadir dengan varian warna Alpine White, Sky Blue, Meadow Green, Lava Red, dan Sunrise Yellow.

Soal harga, DJI menjanjikan USD 499 atau sekitar Rp 6,6 juta.

Jauh lebih murah dibanding drone pada umumnya.

Dikutip dari Ubergizmo, Spark bisa lepas landas dari tangan dan secara otomatis memasuki Mode Gesture.

Drone ini memiliki PalmControl yang memungkinkan pengguna ber-selfie dan memanggilnya menggunakan gerakan tangan.

Laporan lain menyebutkan Spark memiliki QuickShot Intelligence yang memudahkan pengambilan video profesional.

Pengguna bisa merekam objek berdasarkan pelacakan di sepanjang jalur penerbangan.

Kecepatan terbangnya mencapai 31 mil per jam dan memiliki sensor CMOS 1/2.3.

Kesanggupannya menangkap foto 12 MP dan memotret video HD dalam resolusi 1080p.

Sementara baterainya bertahan hingga 16 menit non stop. Dalam bundling pembeliannya termasuk charger USB dan tiga pasang baling-baling.

Saat ini baru pre-order dan akan mulai dikirimkan pertengahan Juni. Selemat berbelanja. (jpnn)

JAKARTA, RadarPena.com – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) bersama 13 BUMN secara serentak menyerahkan total 200.000 bingkisan Ramadhan ke 100 Masjid di Jabodetabek, Selasa (13/6). Kegiatan ini merupakan bagian dari program BUMN Hadir untuk Negeri yang digagas oleh Kementerian BUMN melibatkan TelkomGroup, Angkasa Pura II, Bank BNI, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, Jasamarga, Pelindo II, Pertamina, PGN, PLN, PT PP, Waskita Karya, dan Wijaya Karya.

Menteri BUMN Rini M. Soemarno mengatakan bahwa BUMN Berbagi Bingkisan Ramadhan ini ditujukan untuk membantu masyarakat yang membutuhkan. “BUMN adalah bagian dari masyarakat Indonesia, memiliki kontribusi membangun negeri tanpa kecuali. Salah satunya dengan kegiatan Pembagian Bingkisan Ramadhan BUMN sebagai bentuk kepedulian BUMN untuk membantu mereka yang membutuhkan di saat Ramadhan tahun ini,” ungkap Rini. 

Rini melanjutkan, “Momentum Ramadhan adalah saatnya untuk merenung, berserah diri, mengabdi dan membantu mereka yang membutuhkan. Kegiatan Pembagian Bingkisan Ramadhan BUMN yang sudah dilaksanakan dari tahun ke tahun ini merupakan salah satu bentuk komitmen BUMN Hadir untuk Negeri,” lanjut Rini.

Masing-masing Paket Bingkisan Ramadhan yang dibagikan terdiri dari bahan-bahan pokok diantaranya 5 Kg Beras, 1 Kg Gula, Sirup, Kecap, 2 Liter Beras, dan Biskuit. Paket bingkisan dibagikan melalui Dewan Keluarga Masjid (DKM) setempat sesuai dengan data penerima zakat/infak/shodaqoh yang dimiliki pengurus, sehingga diharapkan bantuan akan terdistribusi tepat sasaran.

Usai memberikan bingkisan di Masjid Jami Al Amir, Gunung Sahari, Jakarta Pusat, Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga menjelaskan bahwa kegiatan ini dilakukan sebagai wujud komitmen TelkomGroup untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. “Tidak hanya menyediakan akses dan layanan telekomunikasi digital terbaik bagi masyarakat Indonesia, TelkomGroup juga berupaya hadir di tengah-tengah masyarakat, khususnya menjelang hari raya Idul Fitri seperti ini, dimana harga kebutuhan pokok melonjak. TelkomGroup bersama BUMN lainnya berupaya membantu melalui pelaksanaan program sosial seperti Pasar Murah dan BUMN Berbagi Bingkisan Ramadhan,” tegas Alex.

Sepanjang Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini, TelkomGroup juga melaksanakan program “TelkomGroup Berbagi” yang terdiri dari kegiatan Pasar Murah, bantuan renovasi masjid, pemberian alat bantu difabel, dan bantuan kepada panti asuhan. Rangkaian kegiatan sosial tersebut dilaksanakan pada saat Safari Ramadhan TelkomGroup di 7 kota di Indonesia, yaitu Palembang, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Balikpapan dan Makassar. Selain itu, dalam rangkaian BUMN Hadir untuk Negeri, TelkomGroup juga turut serta dalam kegiatan Mudik Bareng BUMN dengan memberangkatkan sebanyak 3.260 pemudik menggunakan bus, kapal laut, dan pesawat terbang. 

Melalui program BUMN Berbagi Bingkisan Ramadhan, BUMN diharapkan dapat membantu masyarakat yang membutuhkan, khususnya untuk memenuhi kebutuhan pokok menjelang Hari Raya Idul Fitri.

 

TOKYO, RadarPena.com - PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) kembali memperoleh predikat tertinggi Grand Stevie Award sebagai Organization of the Year 2017 dalam ajang penghargaan internasional Asia Pacific Stevie Awards. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan di Tokyo, Jepang, Jumat (2/6). Dengan Penghargaan ini, Telkom kembali menunjukan prestasi yang istimewa dengan meraih Grand Stevie Award dalam 3 tahun berturut-turut di tahun 2015, 2016 dan 2017. 

Penghargaan ini diraih Telkom setelah berhasil memperoleh 31 penghargaan yang terdiri dari 8 Gold, 5 Silver dan 18 Bronze atas inovasi-inovasi bisnis di berbagai aspek, diantaranya : New Product Innovation, Technology Innovation, Marketing, Customer Service, Corporate Communication, dan lainnya. 

Penghargaaan 8 emas diberikan atas inovasi-inovasi Telkom sebagai berikut :

1. Smart Airport 3.0 untuk kategori Innovation in Business Information Apps

2. E-Learning Website untuk kategori Innovation in Education or Training Websites

3. Cellular Service on Satellite on the Move for Remote Area untuk kategori Innovation in Technology Development

4. Telkomtelstra untuk kategori Excellence in Innovation in Technology Industries

5. GBILL (Finnet) untuk kategori Innovation in Shopping or E-commerce Apps

6. AdMobile (Admedika) untuk kategori Innovation in General Information and General Utility Apps

7. iMOTA: Sea Port Traffic Solution (ILCS) untuk kategori Innovation in Business Utility Apps

8. Innovation in Transportation & Logistics.

Asia Pacific Stevie Awards merupakan ajang kompetisi bisnis berskala internasional yang diselenggarakan oleh The Stevie Awards, dimana kompetisi ini terbuka untuk seluruh perusahaan dan organisasi yang terdapat di 22 negara kawasan Asia Pasifik dan diikuti oleh lebih dari 600 nominator inovasi bisnis.

Stevie Awards Committee telah melakukan penjurian atas inovasi-inovasi bisnis, dengan mempertimbangkan konsep inovasi, proses pengembangan, nilai keberhasilan inovasi dan dampaknya terhadap perusahaan / masyarakat. Jadi semua inovasi yang menang di ajang ini, telah terbukti berhasil diimplementasikan dengan baik dan berdampak signifikan kepada bisnis perusahaan.

“Kami bangga, karena Telkom telah berhasil mempertahankan Grand Stevie sebagai Organization of the Year, 3 tahun berturut-turut. Hal ini membuktikan komitmen Telkom untuk terus mengembangkan inovasi digital di berbagai industri” ungkap Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Dian Rachmawan, usai menerima penghargaan di Hotel Hilton Tokyo, Jepang. 

“Penghargaan ini memberikan benefit kepada seluruh stakeholder Telkom, khususnya memotivasi karyawan untuk berinovasi lebih baik, meningkatkan kredibilitas perusahaan dengan inovasi layanan kepada pelanggan Telkom dan tentunya meningkatkan image perusahaan untuk mendapatkan confidence level dari shareholder” pungkas Dian Rachmawan.

 

JAKARTA, RadarPena.com – Dalam rangka memperkuat kerjasama serta memanfaatkan potensi bersama dengan institusi dan perusahaan yang bergerak di lima sektor strategis di Jawa Timur, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melakukan courtesy visit serta penandatanganan nota kesepahaman tentang penyediaan solusi layanan information and communication technology (ICT) dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), PT Pakuwon Jati, PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur (Bank Jatim), Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, dan PT PAL Indonesia, di Surabaya, Jumat (26/5). Courtesy visit dilaksanakan oleh Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan, didampingi Executive Vice President Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan Executive Vice President Telkom Regional 5 Suparwiyanto.

Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi tujuan pertama kunjungan. Dalam courtesy visit ini, Dian Rachmawan diterima langsung oleh Rektor ITS Prof. Ir. Joni Hermana, M.Sc.ES, Ph.D. dan para Wakil Rektor di Gedung Rektorat ITS. Pada pertemuan tersebut, kedua belah pihak membahas kebutuhan solusi layanan Telkom yang diharapkan dapat menjadi enabler peningkatan ranking Webometrics ITS menuju World Class University.

Acara courtesy visit kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman tentang Penyediaan Infrastruktur dan Layanan ICT untuk Project Pakuwon Jati oleh Dian Rachmawan dan Commercial Director PT Pakuwon Jati, Tbk Sutandi Purnomosidi di East Coast Center Surabaya.

Ruang lingkup kerjasama Project Pakuwon Jati ini meliputi layanan digital dasar (telepon, internet dan televisi interaktif) serta advances services (konten dan aplikasi); digitalisasi building (smart surveillance, smart security system, smart lighting, energy management system), indoor cellular system dan digital signage; indoor building system (IBS); wifi.id; serta modernisasi jaringan kabel tembaga dengan fiber optik; dan lain-lain tidak terbatas pada ruang lingkup kerjasama ini.

Pada kunjungan selanjutnya, dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tentang Digitalisasi Bank Jatim oleh Dian Rachmawan dan Direktur Bisnis Menengah dan Koperasi Bank Jatim Su’udi, disaksikan oleh Direktur Utama Bank Jatim R. Soeroso dan Direktur Operasional Bank Jatim Rudie Hardiono di Kantor Pusat Bank Jatim.

Setelah itu, courtesy visit dilanjutkan ke Kantor Walikota Surabaya. Pada kunjungan tersebut, Dian Rachmawan bersama dan Walikota Surabaya Ir. Tri Rismaharini membahas kerjasama Telkom dan Pemkot Surabaya dalam upaya mendukung pertumbuhan dan bisnis perbankan daerah serta meningkatkan value bisnis secara berkesinambungan. “Telkom berkomitmen untuk menjadi IT Strategic Business Partner untuk Pemkot Surabaya”, ujar Dian Rachmawan. 

Sebagai penutup dari rangkaian courtesy visit, Dian Rachmawan melakukan kunjungan ke PT PAL Indonesia. Dalam kunjungannya, Dian Rachmawan diterima oleh Direktur Keuangan PT PAL Indonesia Irianto Sunardi.

Dian Rachmawan menyampaikan terima kasih kepada ITS, Pakuwon Jati, Bank Jatim, Pemkot Surabaya dan PT PAL Indonesia atas kepercayaannya memilih Telkom sebagai penyedia layanan ICT serta layanan pendukungnya. “Dengan kapabilitas ekosistem digital terlengkap di Indonesia yang kami miliki, didukung jaringan fiber optic yang menjangkau berbagai pelosok Indonesia, kami yakin mampu menambah value digital pada institusi dan perusahaan”, ujar Dian.

Selain itu, Dian Rachmawan juga menegaskan bahwa Telkom telah bekerja sama dengan beberapa Bank Pembangunan Daerah lainnya melalui penyediaan dan implementasi berbagai solusi layanan ICT seperti T-Money, VPN IP, VSAT IP, ATM Managed Service, Mobil Kas Keliling serta digital marketing seperti DOOH (Digital Out of Home) dan SMS Blast. 

“Telkom juga memiliki solusi digital yang dapat disesuaikan dengan unique needs dari tiap-tiap perusahaan, diantaranya adalah solusi Enterprise Resource Planning, Data Center, Customer Relationship Management, aplikasi nota dinas elektronik, dan solusi lainnya,” tambah Dian. 

Melalui dukungan berbagai layanan ICT terintegrasi dan handal, Telkom berharap mampu mendorong percepatan digitalisasi sektor-sektor strategis, baik di tingkat daerah maupun nasional, yang berdampak pada efisiensi dan efektivitas kinerja institusi/perusahaan. Upaya percepatan digitalisasi ini merupakan wujud komitmen Telkom dalam mendukung tekad pemerintah untuk menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara.

 

 

More Articles ...